Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

MH17 DITEMBAK JATUH DI UKRAINA: Presiden SBY Minta Nama Korban Segera Dipublikasikan

Presiden SBY juga berharap pihak maskapai Malaysia Airlines menginformasikan kepada publik nama-nama korban tragedi tersebut, termasuk nama-nama korban asal Indonesia.
Presiden SBY/Bisnis.com
Presiden SBY/Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA –Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menyampaikan belasungkawa mendalam atas tragedi penembakan pesawat MH17 Malaysia Airlines.

Pernyataan itu disampaikan Presiden SBY dalam konferensi pers seperti disiarkan secara langsung oleh televisi di Indonesia, Jumat (18/7/2014).

Selain itu, Presiden SBY juga berharap pihak maskapai Malaysia Airlines menginformasikan kepada publik nama-nama korban tragedi tersebut, termasuk nama-nama korban asal Indonesia.

"Sebagaimana kita ketahui bahwa telah terkadi tragedi jatuhnya pesawat terbang Malaysia MH17, di wilayah timur Ukraina. Atas nama negara dan pemerintah Indonesia dan selaku pribadi saya menyampaikan belasungkawa yang sedalam-dalamnya kepada negara sahabat kita malaysia dan keluarga para korban," demikian ujar Presiden SBY.

Mengutip informasi dari sejumlah sumber, SBY menyebutkan bahwa pesawat Malaysia itu jatuh karena ditembak peluru kendali darat ke udara.

Terkait itu, atas penembakan terhadap pesawat sipil itu, Presiden SBY menyatakan bahwa Indonesia mendesak untuk segeral dilakukan investigasi secara menyeluruh dan benar.

"Kalau benar pesawat itu jatuh karena peluru kendali, Indonesia berharap agar pelakunya diberi sanksi hukum secara tegas," tegas Presiden.

Tak hanya itu, Presiden juga menyatakan bahwa Indonesia siap ikut ambil bagian dalam tim investigasi.

Di bagian lain, Presiden juga menyebutkan soal adanya sejumlah warga negara Indonesia yang turut menjadi korban.

"Ada saudara-saudara kita Warga Negara Indoinesia yang menjadi korban. Kementerian luar negeri dan sejumlah kedutaan besar kita terus bekerja untuk melakukan identifikasi resmi berapa banyak dan siapa-siapa saudara-saudara kita itu, Warga Negara Indonesia itu," tegas Presiden.

Disebutkan Presiden, kini kita menunggu pihak maskapai Malaysia memberitahukan kepada publik nama-nama korban tragedi ditembak jatuhnya MH17.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Saeno
Editor : Saeno
Sumber : TVone
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper