Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tingkat Pengangguran Inggris Melorot

Angka pengangguran Inggris melorot ke level terendah sejak 2008 pada Maret-Mei tahun ini, tetapi pertumbuhan upah justru melambat melampaui estimasi.

Bisnis.com, LONDON — Angka pengangguran Inggris melorot ke level terendah sejak 2008 pada Maret-Mei tahun ini, tetapi pertumbuhan upah justru melambat melampaui estimasi.

Data pemerintah menunjukkan tingkat pengangguran tergelincir menjadi 6,5% sepanjang Maret-Mei 2014 dari posisi 6,6% pada periode yang lalu.

Kondisi tersebut memperkuat pemulihan ekonomi dan meningkatkan ekspektasi terkait kenaikan suku bunga acuan.

Jika dirinci, jumlah pengangguran merosot 121.000 menjadi 2,12 juta pada Maret-Mei tahun ini dari Desember 2013-Februari 2014. Klaim pengangguran juga turun selama 20 bulan berturut-turut.

“Ini merupakan kabar yang penting di Inggris. Kabar ini juga menjadi pertimbangan utama bagi Bank of England [BOE] untuk mulai keluar dari stimulusnya,” kata Philip Rush, ekonom Nomura International Plc di London, Rabu (16/7).

Sayangnya, penguatan pasar tenaga kerja tidak diimbangi dengan pertumbuhan upah tenaga kerja di tengah terus merangkaknya inflasi.

Sepanjang Maret-Mei 2014, gaji keseluruhan, termasuk bonus, naik 0,3% year-on-year (yoy), laju terlemah sejak krisis finansial 5 tahun lalu.

Untuk Mei tahun ini, gaji total tumbuh 0,4%, naik dari 0,4% dari kemerosotan gaji pada April yaitu 1,5%.

Namun, jika tidak memasukkan bonus dalam perhitungannya, gaji total naik 0,7% year-on-year (yoy) pada Maret-Mei tahun ini, pertumbuhan paling lambat sejak 2001 dan naik 0,6% pada Mei 2014.

Padahal, pada saat yang sama, inflasi meningkat 1,9% pada Juni tahun ini, naik dari 1,5% pada Mei lalu.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Bloomberg/Reuters
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper