Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Konflik Mereda, Harga Gas Inggris Merosot

Harga gas Inggris merosot ke level terendah selama lebih dari 4 tahun terakhir karena akan tibanya pasokan gas alam cair (LPG) dalam waktu dekat menyusul meredanya konflik di Ukraina.

Bisnis.com, LONDON— Harga gas Inggris merosot ke level terendah selama lebih dari 4 tahun terakhir karena akan tibanya pasokan gas alam cair (LPG) dalam waktu dekat. Suplai LPG mulai teratur menyusul mulai meredanya konflik politik di Ukraina.

Harga gas untuk pengiriman mendatang melorot 3,9% ke posisi terendah sejak April 2010 di ICE Futures Europe London. Berdasarkan data National Grid Plc., pengiriman LNG dari terminal 24% lebih tinggi daripada rata-rata 10 hari.

OAO Gazprom, produsen gas dari Rusia, menegaskan pasokan gas dari Rusia ke Eropa yang melewati Ukraina akan kembali berjalan normal.

Pada saat yang sama, militer Ukraina mulai mengambil alih kekuasaan wilayah Donetsk dari pemberontak pro-Rusia, setelah merebut kembali Slovyansk dan Kramatorsk.  

Minyak Brent, acuan perdagangan minyak mentah di Eropa, juga tertekan ke level terendah selama lebih dari 3 pekan terakhir. Penurunan harga minyak disebabkan komitmen Libya untuk menggenjot ekspor minyak dan suplai minyak mentah di Irak yang diklaim aman.  

“Libya tidak lagi menjadi penyebab turunnya pasokan minyak mentah.  Tidak hanya itu, krisis di negara-negara penghasil minyak dan gas juga mulai mereda,” ungkap INTL FCStone Inc, Senin (7/72014).

Pasokan gas Inggris untuk pengiriman Agustus tahun ini juga turun menjadi 35,1 pence per therm (US$6,02 juta British thermal units/Btu), level terendah sejak April 2010. Gas alam diperdagangkan dengan nilai 35,41 pence di London.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Taufik Wisastra
Sumber : Bloomberg
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper