Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Intai Polusi, China Gunakan Pesawat Udara

Pemerintah Negeri Tirai Bambu memutuskan menggunakan pesawat udara untuk memantau tingkat polusi. Pemerintah ingin menemukan emisi ilegal yang dihasilkan oleh perusahaan-perusahaan industri terbesar China.
Lalu lintas di China.  Negara ini gunakan pesawat udara untuk intai polusi/Reuters
Lalu lintas di China. Negara ini gunakan pesawat udara untuk intai polusi/Reuters

Bisnis.com, BEIJING--Pemerintah Negeri Tirai Bambu memutuskan menggunakan pesawat udara untuk memantau tingkat polusi. Pemerintah ingin menemukan emisi ilegal yang dihasilkan oleh perusahaan-perusahaan industri terbesar China.

Kementerian Perlindungan Lingkungan China mengungkapkan beberapa perusahaan yang tersangkut persoalan serius lingkungan yaitu Hebei Iron & Steel Group, pabrik baja terbesar China, Inner Mongolia Yihua Chemical Co, dan Shanxi Huaze Aluminium & Power Co.

Situs kementerian pada Minggu (29/6/2014)  juga menyebutkan ada sekitar 254 perusahaan Negeri Tembok Raksasa ditengarai melakukan praktik produksi ilegal di luar ambang batas, sehingga menyebabkan polusi.

Maret lalu, Perdana Menteri China, Li Leqiang menyatakan niatnya memerangi polusi setelah bagian utara negara tersebut diselimuti asap. Penasihat lingkungan pemerintah pun menetapkan kondisi polusi telah melewati baras toleransi.

“Kualitas udara yang buruk merupakan isu penting yang harus diperhatikan pemerintah. Ini akan mengurangi minat investasi asing,” kata kepala World Health Organization (WHO), Margaret Chan.

Pesawat udara yang digunakan China merupakan pesawat tak berawak yang dilengkapi dengan kamera infra merah, yang dapat menangkap kondisi polusi pada wilayah seluas 1000 kilometer persegi. Hingga 27 Juni mendatang, pesawat ini mula-mula akan beroperasi memantau Hebei, Shanxi, hingga perbatasan Mongolia.

Kementerian Perlindungan Lingkungan mengaku akan melakukan segala cara untuk memastikan perusahaan berhenti menghasilkan emisi yang merugikan. Hebei, Shanxi, dan perbatasan Mongolia menjadi perhatian, dikarenakan 7 dari 10 kota dengan tingkat polusi terburuk China berada di wilayah Hebei.

Hebei adalah wilayah yang tidak jauh dari Beijing, dan merupakan penghasil baja terbesar di negara ini, adapun Shanxi dan perbatasan Mongolia merupakan wilayah penghasil batu bara terbesar China.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dara Aziliya
Editor : Ismail Fahmi
Sumber : Bloomberg

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper