Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

TOLERANSI BERAGAMA: Islam, Kristen, Yahudi, Bersatu Dalam Satu Atap Rumah Ibadah

Kelompok penganut Islam, Kristen dan Yahudi sepakat membangun Masjid, Gereja dan Sinagog dalam satu atap di pusat kota Berlin sebagai satu simbol sejarah keberagaman penganut agama yang mendirikan kota itu.
John Andhi Oktaveri
John Andhi Oktaveri - Bisnis.com 23 Juni 2014  |  10:39 WIB
 Maket rumah ibadah tiga agama atap yang akan dibangun di Berlin/mirroruk - created YUS
Maket rumah ibadah tiga agama atap yang akan dibangun di Berlin/mirroruk - created YUS

Bisnis.com, JAKARTA - Kelompok penganut Islam, Kristen dan Yahudi sepakat membangun Masjid, Gereja dan Sinagog dalam satu atap di pusat kota Berlin sebagai satu simbol sejarah keberagaman penganut agama yang mendirikan kota itu.

Ketiga bangunan itu dilaporkan akan dihubungkan oleh satu ruangan bersama yang ditempatkan di pusat bangunan utama, namun tetap dalam satu atap.

Selain itu, ruang bersama tersebut akan digunakan sebagai balai pertemuan sehingga para jemaah dan masyarakat lainnya bisa saling mempelajari agama satu sama lainnya.

Bangunan yang dinamai The House of One tersebut berada di Petriplatz, tempat lahirnya kota Berlin pada abad pertengahan sekaligus menunjukkan sejarah kota yang dibangun dari keberagaman penganut agama, menurut situs mirror.co.uk sebagaimana dikutip Senin, (23/6/2014).

Bangunan itu disepakati untuk didirikan setelah ketiga kelompok penganut agama besar tersebut  sepakat untuk terus menjaga perdamaian di Jerman. Sedangkan model bangunan yang akan dibangun berdasarkan hasil kompetisi para arsitek yang diundang untuk kepentingan bersama tersebut pada 2012.

Menurut sang arsitek, Wilfried Kuehn, bangunan itu nantinya akan dilengkapi menara berbentuk persegi dengan sejumlah ruang peribadatan masing-masing agama.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

berlin kristen islam

Sumber : mirror.co.uk

Editor : Yusran Yunus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top