Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rakornas Geospasial Bahas 4 Isu Utama

Rapat Koordinasi Nasional Informasi Geospasial dan Rapat Koordinator Penyediaan Citra Satelit Resolusi Tinggi Tahun 2014 yang diselenggarakan oleh Badan Informasi Geospasial (BIG) akan membahas empat persoalan pokok.

Bisnis.com, JAKARTA—Rapat Koordinasi Nasional Informasi Geospasial dan Rapat Koordinator Penyediaan Citra Satelit Resolusi Tinggi Tahun 2014 yang diselenggarakan oleh Badan Informasi Geospasial (BIG) akan membahas empat persoalan pokok.

Kepala Badan Informasi Geospasial Asep Karsidi menuturkan ada empat hal yang akan menjadi pembicaraan serius dalam rakornas yang melibatkan seluruh pemerintah provinsi dan kabupaten/kota di Indonesia itu.

“Ada beberapa hal yang ingin kami capai dalam rakornas 2 hari ini,” katanya di Jakarta, Selasa (10/6/2014).

Keempat bahasan tersebut yakni, pertama, koordinasi penyelenggaraan informasi geospasial dasar (IGD) dengan melibatkan kementerian/lembaga dan pemerintah daerah yang berkontribusi memberikan masukan.

Kedua, koordinasi penyelenggaraan informasi geospasial tentative (IGT), ketiga, koordinasi pengelolaan dan penyebarluasan informasi geospasial (IG) melalui jaringan informasi geospasial nasional (JIGN), serta keempat, koordinasi kelembagaan, SDM, dan industri dalam informasi geospasial.

“Selain itu juga diagendakan koordinasi penyediaan dan penyebarluasan citra satelit resolusi tinggi [CSRT] untuk memenuhi kebutuhan daerah sebagai bahan masukan untuk RPJMN 2015-2019,” kata Asep.

Dia mengharapkan rakor itu bisa membangun komitmen bersama untuk penyelenggaraan informasi geospasial dalam jangka menengah, dan menyelaraskan program dan kegiatan itu untuk mendukung ruang dan penyelesaian pemetaan batas wilayah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Heri Faisal
Editor :
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper