Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BPD Bali Kerja Sama Refinancing dengan SMF

Bank Pembangunan Daerah Bali akan menjalin kerja sama dengan PT Sarana Multigriya Finansial untuk menyalurkan pembiayaaan sekunder kredit kepemilikan rumah

Bisnis.com, DENPASAR--Bank Pembangunan Daerah Bali akan menjalin kerja sama dengan PT Sarana Multigriya Finansial untuk menyalurkan pembiayaaan sekunder kredit kepemilikan rumah

Nilai pembiayaan yang disepakati untuk tahap awal diperkirakan lebih dari Rp50 miliar dengan tenor 5 tahun.

Direktur Utama Bank Pembangunan Daerah (BPD) Bali I Made Sudja mengungkapkan saat ini draf masih dalam proses pengkajian ulang sebelum ditandatangani.

"Namun sudah ada kesepakatan, intinya sekarang ini menunggu tanda tangan saja," jelasnya saat dihubungi Bisnis.com, Selasa (10/6/2014).

Sudja mengatakan saat ini penyaluran kredit kepemilikan rumah (KPR) di BPD Bali masih kecil karena bank milik pemerintahan di Bali ini lebih banyak menyalurkan pembiayaan kredit korporasi ke pengembang properti.

Karena itu, kata dia, pihaknya menyanggupi tawaran dari Saran Multigriya Finansial (SMF) karena dapat meningkatkan penyaluran KPR di bank yang sahamnya paling banyak dikuasai Pemkab Badung itu.

Apalagi, sumber dana yang disalurkan SMF merupakan uang negara sehingga BPD Bali menganggap lebih aman.

"Nanti tipe yang akan kami biayai mungkin segmen menengah untuk rumah tipe bangunana 36 atau 45 dengan luas tanah 100 m2," jelasnya.

Hingga akhir Mei 2014 total kredit yang disalurkan BPD Bali mencapai Rp10,98 triliun. Adapun dana pihak ketiga yang dihimpun senilai Rp12,3 triliun. Sedangkan aset mencapai Rp15,2 triliun.

Sebelumnya, Direktur Utama SMF Raharjo Adisusanto mengatakan dirinya sangat berharap kerja sama dapat segera direalisasikan.

"Saya sudah bertemu dirut BPD dan beliau menyatakan kesediaan, maka dari itu saya berharap bisa cepat ditandatangani," ungkapnya saat ditemui di Kuta.

Sampai saat ini SMF sudah menjalin kerja sama pembiayaan perumahan sekunder dengan beberapa bank di daerah seperti Bank Kalsel senilai Rp250 miliar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Feri Kristianto
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper