Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

China Coba Perbaiki Polemik Perbatasan dengan India

Pemerintah China mulai mencoba memperbaiki hubungang dengan India, terutama menyangkut perbatasan kedua negara yang menjadi polemik bertahun-tahun.

Bisnis.com, NEW DELHI—Pemerintah China tampaknya mulai mencoba memperbaiki hubungang dengan India, terutama menyangkut perbatasan kedua negara yang menjadi polemik bertahun-tahun dan menyebabkan kerja sama ekonomi kedua negara tidak optimal.

Menteri Luar Negeri China Wang Yi mengatakan negaranya siap menyelesaikan sengketa perbatasan dengan India.

“Melalui negosiasi, kami telah mencapai dasar-dasar kesepatakan soal perbatasan, dan kami siap untuk penyelesaian akhir,” katanya dalam lawatan ke India, seperti diberitakan Bloomberg, Selasa (10/6/2014).

China dan India yang menguasai sepertiga dari populasi dunia, berupaya mengatasi polemik perbatasan yang telah memperburuk kerja sama ekonomi keduanya.

China semakin menunjukkan klaim perbatasan di perairan lepas pantai timur negaranya, yang sempat meningkatkan ketegangan di Laut Cina Selatan antara China dengan Jepang, Vietnam, dan Filipina.

“China siap memperbarui hubungan dengan India, dengan cara yang lebih positif,” ujar Hoo Tiang Boon, Peneliti di S. Rajaratnam School of International Studies di Singapura.

Lebih lanjut, dijelaskannya, “Mereka [China] mengerti bahwa sekarang hubungan luar negeri dengan Asia Timur dalam kondisi tidak bagus. Hal terakhir yang mereka inginkan adalah agar sisi barat tidak menciptakan masalah bagi mereka.” 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Heri Faisal
Editor :

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper