Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

COASTAL ROAD: 3 Perusahaan Ambil Dokumen Lelang Proyek

Panitia Lelang Pengadaan Investasi Pembangunan Coastal Road mencatat baru tiga perusahaan yang mengambil dokumen lelang prakualifikasi tambahan proyek tersebut sejak dibuka pada 12 Mei 2014.
Pembangunan Coastal Road/kotabalikpapan.net
Pembangunan Coastal Road/kotabalikpapan.net

Bisnis.com, BALIKPAPAN - Panitia Lelang Pengadaan Investasi Pembangunan Coastal Road mencatat baru tiga perusahaan yang mengambil dokumen lelang prakualifikasi tambahan proyek tersebut sejak dibuka pada 12 Mei 2014.

Sekretaris Panitia Lelang Pengadaan Investasi Pembangunan Coastal Road (pembangunan jalan pesisir pantai Balikpapan) Agus W. Budiansyah mengatakan para investor yang berminat diberi kesempatan sampai Senin (26/5/2014) mendatang. Pada tanggal tersebut, akan digelar juga penjelasan dokumen prakualifikasi proyek coastal road.

“Baru tiga yang mengambil dokumen lelang. Kami berharap bisa terus bertambah,” ujarnya kepada Bisnis, Rabu (21/5).

Lelang prakualifikasi tambahan proyek coastal road ini hanya untuk segmen lima, enam, tujuh dan delapan yang dibuka karena dari pengumuman sebelumnya jumlah pesertanya masih tidak sesuai dengan persyaratan. Sesuai dengan aturan, minimal harus tiga perusahaan yang berminat dalam suatu proyek sebelum proyek tersebut dikerjakan.

Agus menambahkan sebelumnya pengambilan dokumen lelang prakualifikasi proyek coastal road tersebut hanya sampai pada Jumat (23/5). Namun atas pertimbangan waktu, tenggat waktu pengambilan dokumen lelang tersebut bisa diberikan pada Senin (26/5).

Karena masih dini, Agus mengaku masih belum mengetahui segmen mana yang diminati oleh tiga calon investor tersebut. Panitia lelang baru mengetahui segmen mana saja yang diminati setelah batas akhir waktu pengisian dokumen tersebut rampung yakni pada Selasa (3/6).

“Belum tahu mau kemana. Mereka [investor] juga masih menunggu penjelasan dokumen prakualifikasi itu,” katanya.

Sebelumnya, sebanyak 12 perusahaan dinyatakan lulus dalam lelang prakualifikasi proyek pembangunan coastal road yang akan mengubah arah pembangunan Balikpapan menjadi water front city. Namun, karena tidak semua segmen yang ditawarkan memiliki tiga calon investor maka panitia pun memutuskan untuk membuka lelang prakualifikasi tambahan.

Sekretaris Dewan Pengurus Provinsi Apindo Kaltim Herry Johanes mengharapkan agar tambahan proses prakualifikasi ini tidak mengganggu proses yang sudah berjalan. Selain itu, jadwal waktu yang sudah direncanakan oleh panitia lelang juga sebaiknya tepat dan sesuai dengan perencanaan agar tidak membuat bingung investor yang akhirnya berujung tidak tertarik lagi dengan coastal road.

Ketua Panitia Pengadaan Investasi Pembangunan Coastal Road Freddy Oktavianus Nelwan mengatakan perusahaan yang sudah lulus tidak perlu lagi mengikuti lelang prakualifikasi tambahan ini. “Lelang tambahan juga khusus dibuka hanya untuk segmen lima sampai delapan,” katanya.

Freddy menyebutkan ada beberapa perusahaan yang terlambat untuk mengambil dokumen lelang prakualifikasi sebelumnya. Karena itu, perusahaan yang terlambat tersebut bisa mengikuti proses prakualifikasi karena akan dibuka kembali.

Adapun, perusahaan yang sudah lulus prakualifikasi segmen satu, tiga dan empat diminta untuk segera mempersiapkan dokumen detail untuk pengembangan kawasan coastal road. Ini karena lelang di tiga segmen tersebut sudah bisa dilakukan seperti rencana awal. Freddy berharap penandatanganan kontrak pemenang bisa dilakukan pada Januari 2015 dan proyek bisa dimulai pada Februari 2015.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper