Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

INDONESIA WASPADA MERS-CoV: Kondisi Tiga Terduga Terjangkit Berangsur Membaik

Tiga pasien terduga terjangkit Middle East Respiratory Syndrome Coronavirus (MERS-CoV) di Kota Pekanbaru Riau, secara berangsur mulai membaik dan diizinkan meninggalkan rumah sakit.
/reuters
/reuters

Bisnis.com, PEKANBARU - Tiga pasien terduga terjangkit Middle East Respiratory Syndrome Coronavirus (MERS-CoV) di Kota Pekanbaru Riau, secara berangsur mulai membaik dan diizinkan meninggalkan rumah sakit.

"Kondisi pasien terus membaik dan suhu tubuh normal, meski begitu mereka masih kita isolasi di kamar khusus. Sedangkan, satu pasien rencananya sudah bisa pulang hari ini," kata dokter spesialis paru, Azizman Saad.

Sebelumnya, Dinas Kesehatan Provinsi Riau menyatakan ada tiga warga Pekanbaru yang terindikasi terjangkit virus MERS-Cov. Ketiganya berinisial AT (42), Z (65) dan MS (48) yang sebelumnya mengalami gejala seperti MERS-CoV setelah pulang ibadah umrah.

Menurutnya, pasien AT yang dirawat di RS Awal Bros kondisinya sudah baik dan akan diizinkan pulang hari ini. Sedangkan pasien Z dan MS masih dirawat di RSUD Arifin Achmad. Kedua pasien diisolasi di ruang rawat inap terpisah dari pasien lainnya.

"Apabila pada pemeriksaan malam ini kondisi MS sudah bagus, maka esok harinya kita rekomendasikan untuk pulang juga," kata Azizman.

Sedangkan, untuk terduga Z masih mengalami sesak nafas karena hasil diagnosa menyatakan pasien memang memiliki riwayat penyakit paru cukup kronis.

Menurutnya, pasien terduga yang diperkenan untuk pulang tetap diobservasi dengan ketat. Mereka diwajibkan untuk melaporkan kondisinya secara rutin kepada dokter.

"Kami akan terus memantau pasien yang sudah boleh pulang sampai ada hasil uji sampel pasien dari Laboratorium Balitbang Kementerian Kesehatan di Jakarta," ujarnya.

Menurut dia, pihaknya sudah mengirim sampel "Swap" dan darah ke Jakarta dan diprediksi hasilnya baru diketahui sepekan ke depan. (ant/yus)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Editor : Yusran Yunus
Sumber : Newswire

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper