Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pencari Suaka Dipulangkan, PM Australia Batal Bertemu SBY

Perdana Menteri Australia Tony Abbott pada membatalkan lawatan ke Indonesia di tengah adanya laporan bahwa terjadi operasi pemulangan terhadap pencari suaka yang dapat memicu ketegangan baru antara dua negara bertetangga itu.
PM Australia Tony Abbott dan Presiden SBY. Batal bertemu presiden RI/Reuters
PM Australia Tony Abbott dan Presiden SBY. Batal bertemu presiden RI/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA--Perdana Menteri Australia Tony Abbott pada membatalkan lawatan ke Indonesia di tengah adanya laporan bahwa terjadi operasi pemulangan terhadap pencari suaka yang dapat memicu ketegangan baru antara dua negara bertetangga itu.

Kantor Abbott membenarkan bahwa ia tidak akan menuju Bali pada Selasa untuk bertemu dengan Presiden Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono, tetapi menolak menjelaskan alasan pembatalan kunjungan yang semula dianggap dapat mencairkan hubungan yang memburuk akibat kegiatan mata-mata dan kebijakan pencari suaka yang kontroversial.

"Perdana Menteri berharap untuk menghadiri Konferensi Kemitraan Pemerintah yang Terbuka di Bali pekan depan atas undangan yang mulia Presidan Yudhoyono. PM sangat berterimakasih atas undangan tersebut," kata juru bicara Abbott kepada AFP seperti dikutip Antara.

"Sayangnya kali ini PM tidak bisa hadir dan berharap untuk dapat mengunjungi Indonesia dan bertemu dengan presiden pada waktu yang lebih baik," tambahnya.

Menurut catatan Bisnis, rencana itu akan menjadi kunjungan pertama abbott ke Indonesia sejak hubungan kedua negara memburuk pada November atas kasus usaha Australia memata-matai Indonesia pada 2009 dengan menyadap telepon Yudhoyono, ibu negara dan keluarga dekatnya.

Jakarta menangggapi kabar itu dengan marah dan menarik pulang duta besarnya serta menangguhkan kerjasama kunci pada banyak bidang termasuk pertahanan dan masalah penyelundupan manusia.

Ketegangan semakin membara dengan langkah militer Canberra yang menghadang manusia perahu tujuan Australia yang berangkat dari Indonesia.

Menurut perusahaan penyiaran Australia, ABC, penundaan itu dilakukan setelah perahu berisi orang-orang yang akan memasuki Australia secara gelap tertangkap di jalur antara wilayah kedua negara dalam "operasi perbatasan wilayah" dan dikembalikan ke Indonesia.

Mengutip sumber di pemerintahan, ABC mengatakan, ada kekhawatiran bahwa misi tersebut akan memalukan presiden Indonesia apabila Abbott terus melanjutkan kunjungannya.

Pemerintah Australia menolak memberi konfirmasi dan detil operasi pemulangan atas alasan keamanan.

Pihak oposisi Hijau dan Partai Buruh mendesak Abbott mengungkapkan alasan pembatalan lawatan, dan menuduh ia makin merusak hubungan dengan Jakarta bila melakukan pembatalan itu.

"Sangat ironis, undangan ke Indonesia adalah untuk melakukan konferensi untuk keterbukaan pemerintah dan perdana menteri kita tidak mau mengatakan kenapa ia menampik undangan di saat-saat akhir," kata juru bicara urusan luar negeri dari Partai Buruh, Tanya Plibersek.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ismail Fahmi
Editor : Ismail Fahmi

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper