Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

PENATAAN KOTA: Pemkot Pekanbaru Diimbau Tentukan Kawasan Lindung

Pemerintah Kota Pekanbaru diimbau untuk menentukan kawasan lindung dan kawasan budidaya agar tata kota pemukiman warga bisa lebih baik.
Puput Jumantirawan
Puput Jumantirawan - Bisnis.com 24 April 2014  |  11:28 WIB
/wikipedia
/wikipedia

Bisnis.com, PEKANBARU - Pemerintah Kota Pekanbaru diimbau untuk menentukan kawasan lindung dan kawasan budidaya agar tata kota pemukiman warga bisa lebih baik.

Ketua Jurusan Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota Universitas Islam Riau, Mardianto Manan mengatakan Pemkot sebaiknya tidak perlu masuk wilayah teknis pengembangan kawasan pemukiman warga kota, apalagi mencampuri pasar properti.

“Serahkan saja perkembangan kawasan kepada pasar namun harus ditentukan dulu mana yang boleh dikembangkan dan mana yang tidak,” katanya, Kamis (24/4/2014).

Dia menambahkan kawasan lindung tidak boleh dibangun apapun  di atasnya. Pemkot dapat menentukan kawasan lindung di jalur gempa, rawa-rawa atau kawasan serapan air. Sedangkan kawasan budidaya dapat dikembangkan menjadi perumahan dan sejenisnya asalkan izinnya dilengkapi.

Menurutnya, selama ini telah terjadi ekspansi pembangunan pemukiman di kawasan yang seharusnya tidak boleh dikembangkan.

"Misalnya di sekitar Jl Parit Indah, seharusnya itu wilayah serapan air yang tidak boleh dibangun perumahan tapi malah ditimbun oleh pengembang".


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kota pekanbaru
Editor : Yusran Yunus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top