Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

SEKAA DIASPORA BALI: Ini Dampak Besar Reklamasi Teluk Benoa

Sekaa Diaspora Bali, yang beranggotakan mahasiswa, pekerja, dan seniman asal Bali yang tinggal luar negeri, mengingatkan pembuatan pulau baru di Teluk Benoa akan berdampak besar bagi lingkungan.
Ema Sukarelawanto
Ema Sukarelawanto - Bisnis.com 22 April 2014  |  12:16 WIB
Lapisan tanah pada kawasan ini sangat rentan mengalami perubahan dari padat menjadi cair.  - bisnis.com
Lapisan tanah pada kawasan ini sangat rentan mengalami perubahan dari padat menjadi cair. - bisnis.com

Bisnis.com, DENPASAR - Sekaa Diaspora Bali, yang beranggotakan mahasiswa, pekerja, dan seniman asal Bali yang tinggal luar negeri, mengingatkan pembuatan pulau baru di Teluk Benoa akan berdampak besar bagi lingkungan.

Menurut pemodelan yang dilakukan Conservation International (CI), pengurugan laut seluas 838 hektar untuk kawasan wisata terpadu ini akan menyebabkan perubahan arus air yang kelak dapat menyebabkan abrasi dan beberapa wilayah yang secara geografis berposisi rendah tergenang akibat banjir rob.

Selain itu, menurut penelitian yang dilakukan Puslit Geoteknologi LIPI 2010, Teluk Benoa memiliki potensi bahaya likuifaksi. Artinya, lapisan tanah pada kawasan ini sangat rentan mengalami perubahan dari padat menjadi cair maupun terjadi amblesan jika terjadi pergeseran lapisan bumi. Dengan demikian, tentu kawasan ini sangat beresiko jika dibangun infrastruktur pariwisata skala besar dan tinggi.

Pulau buatan ini akan mengubah jalur distribusi sumber daya alam terutama air. Telah banyak penelitian yang menyatakan bahwa Bali diambang krisis air karena menurunnya kualitas dan kuantitas air, kata Agung Wardana, fasilitator Sekaa Diaspora Bali, dalam pernyataan resmi yang diterima Bisnis.com, Selasa (22/4/2014).


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

reklamasi teluk benoa SEKAA DIASPORA BALI
Editor : Fatkhul Maskur

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top