Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pesawat Malaysia Airlines Hilang:Apa Yang Terjadi? Ini 4 Spekulasi Skenario Ahli

Boeing 777, salah satu jenis pesawat yang paling dapat diandalkan di dunia airliners, hilang, dan tidak ada yang tahu mengapa ? Apakah karena bom ? Kegagalan mekanik ? Sebuah pembajakan? Pilot dan orang lain dalam komunitas penerbangan sangat terganggu oleh misteri seputar Malaysia Airlines Flight 370 .
Malaysia Airlines/Reuters
Malaysia Airlines/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Boeing 777, salah satu jenis pesawat yang paling dapat diandalkan di dunia airliners , hilang , dan tidak ada yang tahu mengapa ? Apakah karena  bom ? Kegagalan mekanik ? Sebuah pembajakan? Pilot dan orang lain dalam komunitas penerbangan sangat terganggu oleh misteri seputar Malaysia Airlines Flight 370 .

Pesawat ini menghilang Sabtu (8/3/2014) dalam perjalanan dari Kuala Lumpur ke Beijing di atas Teluk Thailand, di suatu tempat antara Malaysia dan Vietnam. Sulit untuk percaya bahwa pertanyaan-pertanyaan besar tersebut tetap ada dalam tiga hari setelah Boeing 777 - 200ER hilang , membawa 227 penumpang dan 12 awak . Pertanyaan-pertanyaan ini  belum pernah terjadi sebelumnya bahwa para ahli telah hati-hati berspekulasi tentang kemungkinan penjelasan .

Berikut adalah empat skenario yang mereka bicarakan , dan fakta-fakta terkait :

1 . Skenario : Bom ? Atau 'udara kering' ?
Fakta: Dua paspor curian telah dikaitkan dengan orang-orang yang memegang tiket untuk penerbangan itu.

Analisis: Hal ini menunjukkan kemungkinan bahwa seseorang pada daftar pengawasan terorisme mungkin telah naik pesawat dan meledakan itu . Namun, paspor dicuri tidak selalu berarti pesawat itu target yang sebenarnya. Ada kemungkinan, kata mantan US Department of Transportation Inspektur Jenderal Mary Schiavo , teroris mungkin telah melakukan " dry run " untuk serangan di masa depan .  Atau, Schiavo mengatakan , " bisa jadi hanya bisnis kriminal seperti biasanya , " karena " ada banyak paspor dicuri " digunakan oleh wisatawan di seluruh dunia .

Fakta: Sejauh ini , tidak ada  puing rongsokan pesawat yang dikaitkan dengan Boeing 777 , yang  menunjukkan ledakan bom.

Analisis: Ketika Robert Francis , mantan wakil ketua Dewan Keselamatan Transportasi Nasional AS , mendengar tentang pesawat yang hilang , pikiran langsungnya adalah : " Untuk beberapa alasan, pesawat meledak dan tidak ada sinyal , tidak ada." Kenyataan bahwa pesawat menghilang dari radar tanpa peringatan menunjukkan kepada Francis  "ada sesuatu yang belum pernah terjadi sebelumnya  terjadi."

Bagaimana dengan teknologi satelit ? Apakah mungkin bahwa data dari satelit yang mengorbit  menunjukkan flash atau tanda  panas inframerah dari ledakan? Sangat tidak mungkin, kata pakar satelit Brian Weeden, yang menghabiskan bertahun-tahun melacak sampah antariksa di orbit untuk Angkatan Udara AS. Puluhan satelit pemerintah dan swasta  mengorbit bumi, melihat ke bawah dari  jarak 300 kilometer- 1.500 kilometer ( 185-930 mil) . Ini adalah tembakan panjang yang salah satu dari mereka  harus  melayang di atas pada waktu yang tepat  dan lokasi yang tepat untuk menangkap flash dari ledakan .

Namun, ada sebuah " kesempatan, " kata Weeden , bahwa satelit Pemerintah  AS super rahasia  yang mengorbit 22.000 mil di ruang angkasa mungkin telah meraih bukti.  Satelit ini berada di orbit geosynchronous . Sebagai kelompok , mereka dapat mengamati hampir seluruh dunia . "Kita tahu bahwa misi mereka adalah untuk mendeteksi peluncuran rudal balistik lewat  panas," kata Weeden , sekarang penasihat teknis untuk Secure World Foundation. " Kami tidak tahu apakah mereka cukup sensitif untuk melacak sesuatu seperti ledakan bom , bahkan jika itu yang terjadi . "

Lalu ada pertanyaan yang tak terjawab lain: Apakah pemerintah ragu-ragu untuk melepaskan seperti gambar karena takut mengungkapkan kemampuan ultraclassified sistem satelit ?
- Pengguna paspor curian telah terungkap.

2 . Skenario : Pembajakan ?

Fakta: Sebelum menghilang , data radar menunjukkan pesawat mungkin telah berbalik untuk kembali ke Kuala Lumpur . Apakah itu petunjuk bahwa pembajak telah memerintahkan pesawat untuk mengubah arah ?

Analisis: Sejauh ini , belum ada laporan bahwa awak pesawat mengirim sinyal apa pun yang (mengabarkan) telah terjadi pembajakan .

3 . Skenario : Kegagalan Mechanical ?

Fakta: Tidak adanya puing di lapangan yang menunjukkan kemungkinan bahwa pilot dipaksa untuk mendaratkan pesawat dan mendarat di atas air tanpa putus, akhirnya tenggelam ke dasar laut.

Analisis: Tapi kalau itu terjadi, maka mengapa tidak ada sinyal darurat? Pesawat ini mampu melakukan "miracle on the Hudson" manuver. Mereka memiliki kemampuan untuk meluncur lebih dari 100 mil dan dengan perut  di atas air  tanpa breaking up, kata pakar  777  Keith Wolzinger , yang sekarang menjadi konsultan penerbangan sipil dengan The Spectrum Group. Selama waktu yang dibutuhkan untuk pesawat meluncur 100 mil , nampaknya pilot akan mampu mampu mengirim SOS .

Fakta: Di masa lalu, pesawat hilang dengan kerusakan ujung sayap terpotong, tetapi Boeing sudah diperbaiki , dan jet itu aman untuk terbang , kata CEO Malaysia Airlines Ahmad Jauhari Yahya , Minggu (9/3/2014) .

Analisis: "Kapan  saja ada kerusakan sebelum pesawat terbang, meskipun itu sudah diperbaiki , dan diperbaiki dalam standar ... pesawat itu  segera mengirimkan bendera peringatan, " kata Wolzinger . Para ahli sepakat Boeing 777 adalah salah satu pesawat paling dapat diandalkan di dunia. Dalam perkembangannya  tunduk pada beberapa pengujian yang paling ketat dalam sejarah penerbangan komersial . "Saya telah berbicara dengan rekan-rekan," kata Wolzinger . "Kami semua bingung dengan ini . " Boeing 777 menawarkan beberapa yang paling kuat dan mesin yang teruji  di dunia," katanya . "Kehandalan mesin pesawat, pada umumnya, sempurna hingga hari ini," katanya . "Ini adalah pesawat yang aman."

-Mencari jarum di tumpukan jerami

4 . Skenario : Pilot error  

Fakta: Sejauh ini , tidak ada indikasi yang diketahui bahwa kesalahan pilot berkontribusi pada pesawat yang akan hilang.

Analisis: Beberapa pakar penerbangan telah membandingkan penerbangan 370 dengan kecelakaan pesawat Air France 447 pada  2009 . Semua, 228 penumpang dan awak tewas ketika pesawat itu jatuh dalam badai di Atlantik dalam perjalanan dari Brasil ke Paris . Dengan biaya mahal,  pencarian hampir dua tahun di dasar laut dalam, reruntuhan bermesin ganda Airbus A330 akhirnya ditemukan dan perekam suara dan data pulih . Sebuah penyelidikan di Prancis menyalahkan awak pesawat karena gagal untuk memahami "  mereka berada dalam situasi caos  dan karena itu tidak pernah melakukan manuver pemulihan . " Tapi tidak seperti Flight 447, cuaca sepanjang rute Flaight 370 dilaporkan baik   dan tampaknya tidak menghadirkan ancaman.

Asiana Airlines Flight 217 - Boeing 777 - fell short saat mendekati runway Juli lalu di Bandara Internasional San Francisco . Tiga orang tewas dan lebih dari 180 lainnya terluka . Peneliti National Transportation Safety Board telah berfokus pada pilot yang bergantung pada sistem penerbangan otomatis sebagai kontributor, mungkin penyebab  kecelakaan itu , tapi laporan akhir belum dirilis.(CNN.com/ BBC/Reuters/Bernama)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Sumber : Newswire
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper