Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pesawat Malaysia Airlines Hilang: Tak Ada Tanda-Tanda Meledak

60 jam setelah pesawat Malaysia Airlines ( MAS ) MH370 menghilang dari radar, pencarian dan penyelamatan tim internasional dari sembilan negara tidak menemukan apa-apa tapi slicks minyak di dekat pulau Vietnam dan lepas pantai timur Malaysia.
Malaysia Airlines/http://themalaysianinsider.com
Malaysia Airlines/http://themalaysianinsider.com

Bisnis.com, JAKARTA - Dibutuhkan waktu lima hari bagi tim pencari untuk menemukan puing-puing saat jet penumpang menghilang ke udara pada Juni 2009. Pesawat naas itu Air France Flight 447. Dan sebagian besar reruntuhan hanya ditemukan dua tahun kemudian di Samudra Atlantik yang luas.

Sekarang, 60 jam setelah pesawat Malaysia Airlines ( MAS ) MH370 menghilang dari radar, pencarian dan penyelamatan tim internasional dari sembilan negara tidak menemukan apa-apa tapi slicks minyak di dekat pulau Vietnam dan lepas pantai timur Malaysia.


Pihak berwenang AS juga mengatakan tidak ada tanda-tanda ledakan udara di daerah tersebut saat jet Boeing dilaporkan hilang dengan 239 orang di dalamnya, 40 menit setelah lepas landas dari Bandara Internasional Kuala Lumpur Sabtu lalu (8/3/2014).

Jadi, di mana MH370 penerbangan?

"Ini adalah misteri pesawat hilang yang belum pernah terjadi sebelumnya," kata Direktur Jenderal Departemen Penerbangan Sipil Malaysia Datuk Abdul Rahman Azharuddin kepada wartawan di bandara di Sepang, Senin (10/3/2014).

Pemerintah Malaysia berharap bahwa tes pada sampel dari tumpahan minyak ditemukan 100 mil laut dari Kelantan bisa memberikan petunjuk tentang keberadaan pesawat jet penumpang.

Hasil dari tes ini diharapkan sore ini, hari ketiga pencarian pesawat yang hilang dalam 11 tahun.

"Kami setiap jam , setiap detik melihat setiap wilayah laut," kata Azharuddin, karena lebih banyak kapal dan pesawat yang tergabung dalam pencarian yang telah berkembang dari Laut China Selatan untuk menyertakan Laut Andaman dan Selat Malaka.

Sebuah foto file Singapura dukungan kapal selam dan penyelamatan kapal, MV Swift Rescue, yang telah bergabung dengan pencarian hilang Malaysia Airlines MH370 penerbangan.

 Pihak Malaysian mengatakan pada Minggu (9/3/2014) bahwa pesawat Boeing 777 – 200 ER, mungkin telah berbalik dari rute yang dijadwalkan sesaat sebelum menghilang dari layar radar, lanjutnya memperdalam misteri seputar nasibnya.
 

Pemerintah Vietnam telah mengatakan sebelumnya bahwa ada dua benda mengambang terlihat dari udara pada Minggu malam, sekitar 80 kilometer ( 50 mil) dari pulau Tho Chu .

Azharuddin , bagaimanapun, mengatakan para pejabat Vietnam belum dikonfirmasi ke Malaysia apakah mereka memang puing-puing dari pesawat .

"Ada berbagai benda yang telah kita lihat, tetapi tidak satupun dari mereka saat ini (telah dikonfirmasi untuk menjadi) dari pesawat ini," katanya .

Berbeda dengan kecelakaan Air France yang terjadi di daerah kasar sedalam 3.900 meter di bawah permukaan, MH370 terbang di atas Teluk Thailand yang titik terdalam adalah sekitar 80 meter.

Pencarian harus lebih mudah untuk MH370, kata peneliti dan analis, tapi lokasi masih merupakan misteri.

Sebagian besar dari mereka setuju bahwa pesawat, yang memiliki lebar sayap hampir 200 kaki, akan terlihat jika mendarat di mana saja di daerah yang dihiasi terutama oleh pulau-pulau kecil dan rig minyak .

Tapi pesawat belum ditemukan. “Kami mencari di setiap sudut. Kami melihat setiap aspek dari apa yang bisa terjadi," kata Azharuddin .
"Sekali lagi, kita harus mendapatkan bukti nyata ... kita harus menemukan pesawat, " tambahnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper