Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pesawat Malaysia Airlines Hilang: Malaysia Klarifikasi Temuan (Update)

Pencarian pesawat Malaysia Airlines MH370 yang hilang belum membuahkan hasil apapun, kata Departemen Penerbangan Sipil ( DCA ) sekaligus menolak laporan bahwa bagian-bagian dari pesawat itu telah ditemukan oleh otoritas Vietnam.
Direktur Jenderal DCA Datuk Azharuddin Abdul Rahman dalam jumpa pers, Senin (10/3/2014)/The Malaysian Insider
Direktur Jenderal DCA Datuk Azharuddin Abdul Rahman dalam jumpa pers, Senin (10/3/2014)/The Malaysian Insider

Bisnis.com, JAKARTA - Pencarian pesawat  Malaysia Airlines MH370 yang hilang belum membuahkan hasil apapun, kata Departemen Penerbangan Sipil ( DCA ) Malaysia sekaligus menolak laporan bahwa bagian-bagian dari pesawat itu telah ditemukan oleh otoritas Vietnam.

Direktur Jenderal DCA Datuk Azharuddin Abdul Rahman mengatakan mereka memverifikasi laporan dari "menemukan " dengan otoritas Vietnames dan  ditolak  mereka.

Meskipun pencarian dan penyelamatan operasi ekstensif oleh sebuah tim internasional, masih belum ada tanda-tanda MH370 penerbangan yang memiliki 12 anggota awak dan 227 penumpang.

Dilaporkan bahwa  telah  diverifikasi laporan penampakan suku cadang pesawat dan slicks minyak di Laut Cina Selatan . "Kehilangan  pesawat belum pernah terjadi sebelumnya  dari Malaysia Airlines. Jadi ini membingungkan dan membingungkan," kata Azharuddin .

"Berjam-jam telah dihabiskan mencari MH370 hilang baik di Laut China Selatan dan Selat Malaka, " katanya dalam konferensi pers di KLIA, Senin (10/3/2014).

Ia mengakui bahwa ada spekulasi luas tentang apa yang terjadi pada MH370 , termasuk pembajakan dan link terorisme. "Kami tidak mengurangi setiap kemungkinan atau sudut, tapi sampai MH370 diketahui, kita tidak akan  menemukan kebenaran," kata Azharuddin.

"Saya mengerti bahwa media ingin jawaban, seperti next -of - kin anggota awak dan penumpang. Tapi pemerintah tidak akan mampu memberikan jawaban sampai pesawat  ditemukan dan penyelidikan telah dilakukan," katanya.

Azharuddin  mengatakan probe belum dipersempit ke setiap sudut tertentu saat tim investigasi masih menjalankan tugasnya .

"Berbagai penampakan telah dilaporkan oleh berbagai organisasi media, tapi tidak ada yang ditemukan konkret," katanya  tentang klaim bahwa pasukan pencari  dan penyelamat Vietnam telah menemukan sebuah pintu pesawat belum diverifikasi.

"Kami menghubungi pihak berwenang Vietnam dan mereka telah membantah temuan tersebut oleh pasukan SAR mereka," kata Azharuddin.

Dia mengatakan Badan Penegakan Maritim Malaysia ( APMM ) juga telah melihat slicks minyak di Laut Cina Selatan dan mengambil sampel . "Sampel telah dibawa ke laboratorium dan mudah-mudahan, hasil tes akan segera dirilis."

Azharuddin mengatakan penerbangan dan pesawat ahli dari seluruh dunia telah memberikan kontribusi pendapat dan keahlian mereka. "Namun, tidak ada hal konkret yang dapat disimpulkan sampai kita benar-benar menemukan MH370," tambahnya.

Paspor 'Palsu'

Pada subjek dua penumpang yang naik pesawat dengan menggunakan paspor curian, Azharuddin mengatakan belum menerima laporan apa-apa yang  oleh peneliti. "Kita tidak bisa melepaskan sirkuit tertutup dari rekaman video televisi dari kedua individu, tetapi kita telah berkonsultasi dengan tim penyidik."

Azharuddin juga menolak untuk menjelaskan ketika ditanya tentang prosedur keamanan di Bandara Internasional Kuala Lumpur ( KLIA ).

The Boeing 777-200 pesawat hilang meninggalkan KLIA untuk Beijing pada 12:41 pada  Sabtu, tapi kontak dengan pesawat itu hilang pada 01:20 ketika terbang di atas wilayah udara diawaki oleh kontrol lalu lintas udara di Kota Ho Chi Minh.

Pesawat itu membawa 239 orang, menurut MAS manifest penerbangan, sebagian besar dari mereka adalah penumpang Cina , dan 12 anggota awak .

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Sumber : The Malaysian Insider
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper