Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Cegah Banjir, Manado Kaji Konsep Zona Delta Q

Pemerintah Kota Manado menggagas pembangunan daerah resapan dengan konsep Zero Delta Q, yang berfungsi menampung air ketika debit air di daerah aliran sungai (DAS) naik, sekaligus sebagai fasilitas umum ketika kondisi normal.
Thomas Mola
Thomas Mola - Bisnis.com 04 Maret 2014  |  14:38 WIB

Bisnis.com, MANADO - Pemerintah Kota Manado menggagas pembangunan daerah resapan dengan konsep Zero Delta Q, yang berfungsi menampung air ketika debit air di daerah aliran sungai (DAS) naik, sekaligus sebagai fasilitas umum ketika kondisi normal.

Walikota Manado Vicky Lumentut mengatakan Zona Delta Q sedang dikaji untuk bisa diterapkan di Manado. Pihaknya mengusulkan tiga lokasi zona itu karena dinilai dekat dengan DAS, yaitu Stadion Klabat, Lapangan Tikala, dan Lapangan Sario.

"Zona Delta Q memiliki fungsi ganda yakni untuk fasilitas publik dan zona tampung air sementara ketika DAS meluap. Setelah normal air dipompa keluar," ujarnya dalam Seminar Bersama Membangun Kembali Kota Manado Menjadi Kota yang Berwawasan Lingkungan di Manado, Selasa (4/3/2014).

Vicky menuturkan penanganan air dengan Zero Delta Q telah diterapkan di Jepang. Sistem ini diklaim mampu mengurangi debit air sungai dan menahan air sementara di lokasi resapan untuk kemudian dialirkan kembali ke DAS ketika dalam keadaan normal.

Vicky mengakui saat ini Manado belum memiliki masterplan untuk drainase kota. Untuk itu, pihaknya menjajaki kemungkinan membuat kanal tambahan di daerah reklamasi di Jalan Boulevard untuk mempermudah aliran air ke laut.

"Saya harus akui Kota Manado tidak ada drainase yang baik, belum ada masterplan. Kami juga belum punya penanganan terpadu lintas kabupaten untuk penanganan bencana," ujarnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

banjir manado
Editor :

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top