Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Gunung Marapi Alami 3 Kali Letusan, Kamis (27/2)

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Bukittinggi, Sumatra Barat mencatat Gunung Marapi telah mengalami tiga kali letusan pada Kamis (27/2/2014) pagi.
/Ilustrasi/Bisnis.com
/Ilustrasi/Bisnis.com

Bisnis.com, BUKITTINGGI - Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Bukittinggi, Sumatra Barat mencatat Gunung Marapi telah mengalami tiga kali letusan pada Kamis (27/2/2014) pagi.

Petugas Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Bukittinggi, Warseno mengatakan selain letusan, seismograf juga mencatat gunung mengalami lima kali gempa tremor, satu gempa vulkanik B, satu kali hembusan dan satu kali gempa tektonik jauh. Aktivitas tersebut terjadi pada Kamis (27/2) itu sampai dengan pukul 10.30 WIB.

Saat ini, lanjutnya, pihaknya tengah melakukan pengecekan apakah letusan yang terjadi pada gunung tersebut mengeluarkan abu vulkanik atau tidak, sehingga menghujani sejumlah daerah.

"Memang ada informasinya abu vulkanik dari letusan gunung tersebut menghujani daerah Sapuluh Koto dan Batipuh Selatan, Kabupaten Tanahdatar, tapi masih kita cek dulu kebenarannya," katanya seperti dikutip Antara, Kamis (27/2/2014).

Selama ini, dari beberapa aktivitas letusan pada gunung itu, katanya, hanya ber-amplitudo sekitar 15 milimeter, bahkan banyak yang di bawah 10 milimeter.

Selama Februari 2014, terhitung 1 hingga 25 Februari, katanya, gunung telah mengalami 74 aktivitas. Dari jumlah tersebut, aktivitas letusan tercatat sebanyak tiga kali di luar letusan pada Rabu (26/2).

Selain itu, katanya, juga terjadi satu kali hembusan, satu kali tremor, sembilan kali gempa vulkanik dalam (VA), delapan kali gempa vulkanik dangkal (VB), 48 kali gempa tektonik jauh, serta enam kali gempa tektonik lokal, sedangkan tornello tidak ada aktivitas.

Jumlah aktivitas gunung selama Februari 2014 itu, ia mengungkapkan, telah mengalami penurunan yang signifikan dibanding selama Januari 2014, yang mengalami total 170 kali aktivitas.

Dari 170 aktivitas itu, terhitung 1 Januari hingga 23 Januari 2014 dengan aktivitas letusan sebanyak 48 kali. Selain itu, juga terjadi empat kali hembusan, enam kali tremor, 15 kali gempa vulkanik dalam (VA), 25 kali gempa vulkanik dangkal (VB), dua kali tornello, 28 kali gempa tektonik jauh, serta 27 kali gempa tektonik lokal.

Gunung Marapi, katanya, masih berstatus waspada atau berada pada level II dan masih berbahaya karena bisa mengeluarkan gas vulkanik yang berbahaya bagi kehidupan.

"Ancaman potensi letusan abu lontar material pijar dan pasir juga membuat gunung itu harus dijauhi radius 3 kilometer dari puncak," katanya.

Dia berharap masyarakat untuk dapat mengurangi aktivitas diluar rumah, karena abu vulkanik bisa membahayakan kesehatan. "Jika keluar rumah diminta memakai masker," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Editor : Nurbaiti
Sumber : Newswire
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper