Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemkot Balikpapan Kembangkan Sektor Jasa

Pemerintah Kota Balikpapan didesak untuk mengembangkan sektor jasa, perdagangan dan pariwisata yang menunjang sektor industri sehingga bisa menciptakan lapangan kerja.

Bisnis.com, BALIKPAPAN - Pemerintah Kota Balikpapan didesak untuk mengembangkan sektor jasa, perdagangan dan pariwisata yang menunjang sektor industri sehingga bisa menciptakan lapangan kerja.

Ketua Kadin Kota Balikpapan Rendi Susiswo Ismail berpendapat dua sektor ini mampu menciptakan lapangan kerja yang lebih besar karena merupakan usaha yang padat karya. Beberapa sektor tersebut diantaranya jasa pendidikan, jasa pariwisata, dan perdagangan barang kebutuhan pokok.

“Ini memerlukan dukungan tenaga kerja yang cukup besar karena ada sektor yang saling terkait di dalamnya,” ujarnya saat sosialisasi ketenagakerjaan, Rabu (12/2/2014).

Dia mencontohkan ketika ada pendidikan yang berkembang di suatu daerah, maka akan tumbuh jasa penginapan untuk pelajar yang tinggal di sekitarnya. Tak hanya itu, para orang tua yang mengunjungi anaknya pun memerlukan fasilitas serupa.

Ini akan menumbuhkan geliat ekonomi baru yang bisa memacu kegiatan ekonomi masyarakat. Nantinya, dampak dari kegiatan ini akan langsung dirasakan oleh masyarakat dan pemerintah hanya tinggal mendukung melalui regulasi yang terarah.

“Akan ada lapangan kerja baru, kemiskinan bisa ditanggulangi, demikian halnya dengan kesejahteraan rakyat akan meningkat,” tukasnya.

Saat ini, tambah Rendi, terdapat 14.000 angka pencari kerja yang terdaftar di Disnakersos Kota Balikpapan. Angka tersebut berpotensi bertambah setiap tahun mengingat jumlah lulusan sekolah menengah atas dan perguruan tinggi juga terus bertambah. “Karena antara dunia pendidikan dan dunia kerja itu tidak ada link and match sehingga hasilnya tidak optimal,” katanya.

Permagangan

Kepala Divisi Hubungan Industrial dan Advokasi Apindo Kaltim Satrio Adjie mengatakan salah satu solusi yang bisa dilakukan yakni melalui program permagangan siswa ke perusahaan. Menurutnya, ini akan membantu mempercepat proses adaptasi ke perusahaan. “Ini bisa menjadi jembatan bagi perusahaan dan calon tenaga kerja,” katanya.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Balikpapan Fachrudin mengatakan program permagangan akan terus dilakukan karena hasilnya cukup baik bagi calon tenaga kerja. Adapun, mengenai pengembangan sektor perdagangan, jasa dan pariwisata menurutnya sudah terencana dalam visi kota. Dia berharap agar selirih pihak mau bekerja sama untuk merealisasikan program pemerintah yang bertujuan untuk menekan angka pengangguran ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper