Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Fenomena Surutnya Air Laut Karangantu, Banten, Ini Penyebabnya

Fenomena surutnya air laut di Pantai Karangantu, Serang, Provinsi Banten yang terjadi beberapa hari terakhir disebabkan oleh gaya tarik bulan dan matahari.
/Pantai Karangantu tiba-tiba surut/Antara
/Pantai Karangantu tiba-tiba surut/Antara

Bisnis.com, JAKARTA – Fenomena surutnya air laut di Pantai Karangantu, Serang, Provinsi Banten yang terjadi beberapa hari terakhir disebabkan oleh gaya tarik bulan dan matahari.

Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), hal itu terjadi akibat posisi bulan dan matahari terhadap bumi.

Seperti dikutip Antara, BMKG mencatat jarak bumi dan bulan mencapai titik terdekatnya (perigee) dengan jarak sebesar 357079,741 km pada 30 Januari 2014.

Peristiwa ini hanya berselisih 11.41 jam dari fase bulan baru atau konjungsi atau terjadi pada 30 Januari 2014 pukul 21.41 UT atau 31 Januari 2014 pukul 04.41 WIB.

Maka posisi bulan tersebut berefek menimbulkan pasang atau surut air laut dalam waktu dua hingga tiga hari ke depan.

Biasanya, fenomena air laut surut dapat terjadi akibat beberapa kemungkinan seperti terjadi setelah didahului gempa bumi kuat yang mengakibatkan dasar laut bergerak naik (patahan naik) atau turun. Fenomena air laut yang disebabkan patahan tersebut akan menimbulkan tsunami beberapa menit setela gempa bumi.

Berdasarkan pemantauan seismik dari wilayah Banten dan Sumatera (Lampung) sejak 4—5  Februari 2014, tidak ada rekaman gempa bumi yang terjadi.

Fenomena air laut surut dapat juga terjadi akibat adanya longsoran atau amblesan dasar laut dalam skala besar. Berdasarkan pemantauan seismik di daerah tersebut tidak ada rekaman gempa bumi guguran (longsoran) yang terjadi.

Fenomena air laut surut dalam periode yang lama adala adanya fenomena uplift zona sekitar pantai. Gerakan uplift ini tidak dapat terpantau dari stasiun seismik tapi dapat dianalisis dari data GPS.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Editor : Nurbaiti
Sumber : Newswire
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper