Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Unggul dalam Berbagai Survei, PDI-P Yakin Menangkan Pemilu 2014

PDI Perjuangan semakin optimistis akan memenangkan Pemilu 2014, setelah melihat hasil survei dari beberapa lembaga menyebutkan tingkat elektabilitias partai ini yang tinggi.
/Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati dan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo
/Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati dan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo

Bisnis.com, JAKARTA - PDI Perjuangan semakin optimistis akan memenangkan Pemilu 2014, setelah melihat hasil survei dari beberapa lembaga menyebutkan tingkat elektabilitias partai ini yang tinggi.

"Kami sangat mengapresiasi hasil survei itu, karena membuat PDI Perjuangan semakin optimistis dan yakin," kata Wakil Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan, Eriko Sotarduga, seperti dikutip Antara, Selasa (4/2/2014).

Namun, dia menegaskan optimisme itu tanpa mengabaikan pandangan bahwa semua pencapaian itu belum merupakan hasil yang bersifat final.

Menurut dia, pemilu legislatif yang diadakan tahun 2014 ini sesuai dengan target partai dapat meraih 27,02% suara pemilih, dengan semangat kegotongroyongan yang ada di seluruh tingkatan kader partai dan kehendak Tuhan.

Berdasarkan hasil survei, katanya lagi, dengan margin error yang mencapai sekitar  3%, calon pemilih yang belum menentukan pilihan mencapai sekitar 30%.

Hasil survei Lingkaran Survei Indonesia (LSI) menyebutkan Partai Golkar dan PDI Perjuangan masih kokoh sebagai calon pemenang Pemilu 2014 apabila pesta demokrasi itu berlangsung pada pelaksanaan survei yaitu Januari 2014 ini.

"Dua partai ini konsisten di posisi satu dan dua. Jadi, kemungkinan pemerintahan 2014 adalah pemerintahan Golkar atau PDI Perjuangan," kata peneliti LSI, Adjie Alfaraby, Minggu (2/2/2014).

Partai Golkar dari survei itu mendapatkan suara responden sebesar 18,3%, PDI Perjuangan dengan 18,2%, Gerindra 8,7%, Partai Demokrat 4,7%, Hanura 4%.

Sementara itu, PKB meraih 3,7%, PPP 3,6%, PAN 3,3%, PKS 2,2%, Nasdem 2%, PBB 0,7%, dan PKPI 0,5%.

Riset ini dilakukan sejak 6—16 Januari 2014 dengan 1.200 responden di 33 provinsi menggunakan metode multistage random sampling bersifat kuantitatif, dan tingkat kesalahan atau margin of error ditaksir 2,9%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Editor : Nurbaiti
Sumber : Newswire
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper