Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Korea Selatan Desak Korea Utara Gelar Reuni Keluarga

Korea Selatan mendesak Korea Utara untuk mempercepat rencana reuni keluarga yang terpisah sejak perang membagi semenanjung Korea menjadi dua bagian
 Pemimpin Korut/Jibi
Pemimpin Korut/Jibi

Bisnis.com, SEOUL - Korea Selatan mendesak Korea Utara untuk mempercepat rencana reuni keluarga yang terpisah sejak perang membagi semenanjung Korea menjadi dua bagian.

Ketidakpastian dipastikan mengemuka seiring dengan keputusan Korea Selatan yang bersikukuh menggelar pelatihan militer dengan Amerika Serikat.

Namun, Korea Selatan menyatakan tidak akan menggunakan latihan militer itu untuk mengamankan reuni keluarga itu.

Sebelumnya, Korea Utara mengusulkan untuk mengadakan reuni keluarga yang didukung oleh China da Amerika Serikat. Jika pertemuan itu terjadi, maka reuni tersebut merupakan kegiatan pertama selama lebih dari 3 tahun.

Sebaliknya, Korea Utara belum menanggapi permintaan Korea Selatan untuk mengadakan kegiatan itu pada Februari 2014 selama 6 hari. Tidak hanya itu, kedua belah pihak juga belum memutuskan pertemuan perdana untuk mendiskusikan detail kegiatan tersebut.

“Kami mennyampaikan rasa kecewa akibat lambannya respon Korea Utara yang menyebabkan ketidakpastian dan kepasifan Korea Utara untuk kegiatan yang cukup besar ini,” ujar juru bicara Kementerian Unifikasi Korea Selatan, Rabu (29/1).

Sebaliknya, media Korea Utara mendesak Korea Selatan untuk menghentikan latihan militer bersama Amerika Serikat karena menghalangi perbaikan hubungan diantara kedua negara itu.  

Walaupun Korea Utara terlihat keberatan terhadap latihan militer itu, Korea Selatan menyatakan latihan militer merupakan agenda rutin tahunan dan tidak akan menyebabkan insiden besar.

Sementara itu, Glyn Davies, utusan AS untuk kebijakan Korea Utara mengatakan pihaknya akan tetap melanjutkan latihan militer secara transparan untuk mengantisipasi kemungkinan terburuk. (Reuters)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper