Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hujan Salju di Indonesia? Heboh di Youtube

Fenomena hujan salju di Indonesia yang diunduh ke Youtube dan ditontotn sedikitnya sejuta orang menjadi pembicaraan luas di jejaring sosial yang menyediakan fasilitas video tersebut.

Bisnis.com, JAKARTA — Fenomena hujan salju di Indonesia yang diunduh ke Youtube dan ditontotn sedikitnya sejuta orang menjadi pembicaraan luas di jejaring sosial yang menyediakan fasilitas video tersebut.

Namun demikian, situs pemantau cuaca westernpacificweather.com menilai rekaman video tersebut palsu alias sebuah rekayasa. Video yang diambil pada Agustus tahun lalu itu ditampilkan kembali dengan judul “The First Snowfall Ever in Indonesia.”

Memang dalam video itu terlihat pemandangan seperti di Indonesia seperti adanya pohon pisang dan tanaman lainnya yang khas tumbuh di negara tropis. Namun sejumlah tanaman lainnya, termasuk jenis pohon pinus (pine) yang tampil di sisi lain video tersebut bukanlah tanaman khas Indonesia, menurut situs tersebut.

“Video ini jelas palsu dan dengan sangat mudah diketahui bagaimana kepalsuannya,” tulis situs tersebut sebagaimana dikutip, Jumat (24/1/2014).

Situs itu menyebutkan bahwa video itu diunduh Agustus lalu, namun dibuat seolah terjadi hari ini sehingga ada semacam rekayasa. Sedangkan alasan lainnya memngapa video itu disebut palsu adalah kesamam layout dan suara pembawa acara dengan video palsu sebelumnya yang seolah-olah mengambil gambar di Mindanao, Filipina.

Namun demikian sebagian pengunjung menilai pembuatan video itu termasuk kreatif dan nyaris menipu seluruh pengunjung Youtube.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : westernpacificweather.com
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper