Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Batam Buka Lagi Tender Proyek Sampah Rp1,5 Triliun, Ini Syaratnya

Pemkot Batam membuka tender proyek infrastruktur sampah senilai Rp1,5 triliun sejak 20 Januari 2014.

Bisnis.com, BATAM – Pemkot Batam membuka tender proyek infrastruktur sampah senilai Rp1,5 triliun sejak 20 Januari 2014.

Pemkot Batam membuka lelang pengadaan badan usaha Kerjasama Pemerintah dan Swasta (KPS) dalam pengadaan infrastruktur sampah di TPA Telagapunggur. Lelang yang sempat gagal tahun lalu ini sudah kembali dibuka pada 20 Januari 2014.

Pemkot berencana membangun infrastruktur yang dapat mengolah minimal 1.000 ton sampah per hari dengan teknologi waste to energy (pembangkit listrik tenaga sampah) berupa incinerator. Perkiraan nilai proyek adalah Rp 1,5 triliun.

Pada lelang kali ini, panitia akan berikan sedikit kelonggaran dalam syarat administrasi bagi peserta.

Ketua Panitia Lelang, Faisal Riza mengatakan kemudahan ini diberikan agar lebih banyak peserta yang lolos pada tahap prakualifikasi.

"Mengingat lelang tahun lalu gagal karena banyak peserta yang gugur seleksi administrasi," ujarnya.

Faisal menjelaskan lelang sebelumnya gagal karena hanya ada satu perusahaan yang tersisa dari hasil seleksi. Padahal dibutuhkan minimal tiga perusahaan untuk bisa masuk ke tahap lelang berikutnya.

Dia mengatakan perusahaan yang lolos pada lelang tahun lalu tetap akan diikutkan pada lelang kali ini.

Perusahaan tersebut tak perlu mendaftar ulang sehingga lelang 2014 panitia hanya mencari pembanding untuk satu perusahaan tersebut.

"Ini Sekaligus memberikan kesempatan kepada peserta lelang sebelumnya," katanya, Selasa (21/1/2014).

Faisal mengatakan jika dalam proses lelang baru nanti hanya ada satu peserta, panitia akan melanjutkan proses ke tahap berikutnya. Artinya, apabila hanya ada satu peserta, satu perusahaan itu saja yang akan dievaluasi.

Namun, jika pesertanya banyak, proses akan berlangsung seperti biasa, dimulai dari memasukkan dokumen prakualifikasi lelang, penjelasan, penawaran, dan sebagainya.

Faisal menambahkan dokumen prakualifikasi lelang dapat diambil di Sekretariat Panitia Lelang di Kantor Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Batam di Jalan Ir.Sutami, Sekupang. Pengambilan dokumen bisa dilakukan pada hari kerja pada 27 Januari-18 Februari 2014 pukul 10.00–14.00 WIB.

Adapun persyaratan pengambilan dokumen yakni:

1. Membawa Surat Pernyataan Minat (Expression of Interest) yang ditandatangani oleh direktur utama atau pejabat lain yang berwenang;

2. Menunjukkan Surat Izin Usaha Asli dan menyerahkan copy-nya;

3. Pendaftaran dan pengambilan dokumen dilakukan oleh direktur utama atau kuasanya dengan membawa surat kuasa dari direktur utama dengan menunjukkan identitas diri asli dan menyerahkan copy-nya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Yoseph Pencawan
Editor :
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper