Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

50 Gardu PLN di Bekasi Rusak Terendam Banjir

Sekitar 50 gardu listrik milik Perusahaan Listrik Negara Area Pelayanan Jaringan Bekasi, Jawa Barat, rusak akibat terendam banjir.
Perbaikan gardu PLN terendam banjir/Antara
Perbaikan gardu PLN terendam banjir/Antara

Bisnis.com, BEKASI-- Sekitar 50 gardu listrik milik Perusahaan Listrik Negara Area Pelayanan Jaringan Bekasi, Jawa Barat, rusak akibat terendam banjir.

"Jumlah gardu yang terendam itu biasa menyuplai kebutuhan listrik untuk lebih dari 11.000 pelanggan di Kota dan Kabupaten Bekasi," kata Manager PT PLN APJ Bekasi Agus Kuswardoyo di Bekasi, Sabtu (18/1/2014) malam.

Dia menjelaskan gardu tersebut masing-masing berada di area pusat Bekasi sebanyak enam unit, Bantargebang empat unit, 25 unit di Babelan, lima unit di Lemahabang, tiga unit di Mustikajaya, lima unit di Cibitung, dan sisanya tersebar di pelanggan besar.

"Gardu yang tenggelam itu mengakibatkan lebih dari 11.000 pelanggan belum bisa mendapatkan aliran listrik hingga Sabtu malam," papar Agus.

Rata-rata gardu terendam air denga ketinggian bervariasi mulai dari separuh kotak hingga menenggelamkan gardu.

Kondisi itu terjadi akibat derasnya hujan yang turun sejak Minggu (12/1) dan juga luapan sejumlah sungai di wilayah setempat.

Menurutnya, upaya perbaikan gardu yang rusak pun tidak mudah karena petugas yang menangani alat tersebut perlu menempuh sejumlah prosedur keamanan.

"Petugas tidak bisa mengoperasikan secara langsung gardu tersebut karena harus mengecek isolasi. Jika dalam pengecekan diyakini tidak bermasalah, petugas bakal langsung mengoperasikannya," tuturnya.

Upaya pemadaman sejumlah gardu tersebut dilakukan pihaknya demi menjaga keselamatan warga dari sengatan listrik yang bisa terjadi akibat korsleting.

"Kami berusaha secepatnya agar masyarakat bisa cepat menikmati aliran listrik kembali," jelas Agus. (Antara)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ismail Fahmi
Editor : Ismail Fahmi
Sumber : Newswire
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper