Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jelang Pemilu, Pasar Mobil di Sulut Diprediksi Stagnan

Penjualan mobil di Sulawesi Utara pada semester I/2014 diperkirakan stagan. Pelaku pasar otomotif baik pembeli maupun produsen memilih untuk menunggu dan melihat perkembangan politik di Tanah Air.

Bisnis.com, MANADO-- Penjualan mobil di Sulawesi Utara pada semenster I/2014 diperkirakan bergerak stanan. Pelaku pasar otomotif baik pembeli ataupun produsen lebih memilih untuk menunggu dan melihat perkembangan politik di Tanah Air.

Sales Manager PT Sinar Galesong Prima Manado Steve Harijono mengatakan Pemilu 2014 sangat mempengaruhi kondisi ekonomi makro yang juga memiliki dampak tidak langsung pada pasar otomotif di daerah.

“Otomotif biasanya bersifat mengikuti. Ketika ekonomi bertumbuh, maka pasar otomotif juga bertumbuh. Peristiwa politik tahun ini akan menyebabkan konsumen lebih banyak wait and see. Produsen juga rasanya tidak berani untuk keluarkan produk baru,” ujar Steve di Manado, Selasa (14/1/2014).

Menurutnya, penjualan baru akan meningkat pasca pemilu 2014. Sejalan dengan itu, penetapan Bitung sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) juga diyakini dapat menjadi pendorong penjualan mobil.

Adapun, PT Sinar Galesong Prima yang merupakan agen tunggal untuk mobil Suzuki di Sulut pada 2013 kemarin tercatat menjual sebanyak 2.500 unit mobil Suzuki untuk semua kategori.

Dari jumlah itu, Suzuki pick up mendominasi penjualan yakni mencapai 40%, disusul Suzuki Ertiga untuk segmen low MPV sebanyak 35%, dan sisanya untuk jenis lainnya seperti LCGC.

“Tahun ini kami targetkan penjualan meningkat 10%. Segmen kendaraan niaga jenis pick up masih menjadi tumpuan tetapi Karimun Wagon kami targetkan menjadi nomor satu di kelasnya,” ujarnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Thomas Mola
Editor :
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper