Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Doa Berbayar dengan Cara Ditransfer Berpotensi Penipuan

Wakil Menteri Agama (Wamenag) Nasaruddin Umar mengingatkan praktek berdoa berbayar berpotensi sebagai penipuan.
Promosi Doa Berbayar
Promosi Doa Berbayar

Bisnis.com, JAKARTA-- Wakil Menteri Agama (Wamenag) Nasaruddin Umar mengingatkan doa berbayar merupakan praktek pembodohan masyarakat dan berpotensi sebagai penipuan.

“Praktek  seperti itu sebetulnya sudah tercium cukup lama, tetapi baru terungkap  sekarang,”  ujarnya seperti dikutip lama Kemenag, Sabtu (4/12/2013).

Wamenag mengaku prihatin soal doa berbayar itu, yang jika seseorang doanya ingin dikabul harus melalui perantara dan membayar kepada pihak lain. Terlebih bayarannya pun harus ditransfer.

“Kita tak kenal konsepnya seperti apa, tapi saya imbau kepada masyarakat untuk menghindari cara seperti itu,”  paparnya.

Menurutnya, berdoa erat  kaitannya dengan tingkat keikhlasan seseorang. Bisa jadi doa seseorang dapat dikabulkan Allah lantaran yang bersangkutan melakukannya dengan kesungguhan secara mendalam. Cara berdoa yang dilakukan sesuai tuntunan agama jelas bakal diridlai Allah.

“Praktek berdoa berbayar jelas berpotensi sebagai penipuan,”  tegas Wamenag.

Belakangan ini ramai diberitakan bahwa perencana keuangan dan dewan pembina komunitas @SedekahHarian, Ahmad Gozali menawarkan program sedekah harian dengan cara memberi kesempatan donatur menitipkan doa kepadanya yang  sedang berada di Tanah Suci untuk didoakan secara khusus di tempat dan  waktu yang khusus pula.        

Meski Ahmad Gozali telah mengakui ada kesalahan dalam mencantumkan harga bagi yang ingin menitipkan doa, tetapi berbagai pihak mengecam bahwa perbuatan tersebut sebagai penipuan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ismail Fahmi
Editor : Ismail Fahmi

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper