Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bernanke: Ekonomi AS 2014 akan Menguat

Ketua Federal Reserve (Fed) Ben Bernanke memperkirakan pertumbuhan Amerika Serikat akan menguat pada tahun ini seiring dengan meredanya beberapa faktor yang menahan laju pertumbuhan ekonomi.

Bisnis.com, PHILADELPHIA -- Ketua Federal Reserve (Fed) Ben Bernanke memperkirakan pertumbuhan Amerika Serikat akan menguat pada tahun ini seiring dengan meredanya beberapa faktor yang menahan laju pertumbuhan ekonomi.

"Kombinasi keuangan yang membaik, prospek penjualan rumah yang lebih cerah, pengendalian fiskal, dan akomodasi kebijakan moneter, menjadi pertanda baik pertumbuhan Amerika pada kuartal mendatang," ucapnya dalam pidatonya, di Philadelphia, Jumat (3/1/2014).

Dalam pidatonya tersebut dia juga mengumumkan untuk mengurangi pembelian obligasi bulanan  US$75 miliar hingga US$85 miliar menjadi tanda-tanda perbaikan ekonomi.

Pembelian obligasi tersebut dimaksudkan untuk mempertahankan suku bunga rendah dalam jangka panjang dan mendorong lebih banyak pinjaman dan pengeluaran.

Dalam pidatonya tersebut, dia juga membela bank sentral terhadap kritik atas pembelian obligasi besar-besaran Fed memiliki sedikit efek membangkitkan kembali pemulihan.

"Pertumbuhan ekonomi mungkin juga akan jauh lebih lemah atau negatif tanpa dukungan kebijakan moneter yang substansial," tegasnya.

Pidatonya pada Jumat menjadi salah satu pidato terakhir Bernanke sebagai ketua Fed setelah dia delapan tahun menjabat sebagai pimpinan bank sentral.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dewi Andriani
Editor : Rustam Agus
Sumber : bloomberg/cbcnews
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper