Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Capres 2014: Jokowi Paling Populer di Jawa Barat

Masyarakat Jawa Barat etnis sunda lebih condong memilih Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo alias Jokowi sebagai tokoh paling pantas menjadi calon presiden/wakil presiden dalam Pemilu 2014.

Bisnis.com, BANDUNG - Masyarakat Jawa Barat etnis sunda lebih condong memilih Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo alias Jokowi sebagai tokoh paling pantas menjadi calon presiden/wakil presiden dalam Pemilu 2014.

Hasil ini didapat dari survei yang dilakukan oleh Pusat Kajian dan Kepakaran Statistika (PK2S) Universitas Padjadjaran Bandung pada 6-16 Desember lalu terhadap 1.587 orang responden.

Ketua PK2S Unpad Toni Toharudin mengatakan Survei dengan sampling error 3,0 %, diketahui bahwa tingkat popularitas Jokowi bahkan mencapai 95,15 %, disusul oleh Aburizal Bakrie 94,33 % dan Jusuf Kalla sebanyak 93,45 %.

Di posisi keempat ada Megawati Soekarnoputri 92,50 %, dan Prabowo Subianto 88,09 %.

“Etnis sunda menilai tokoh yang pantas jadi capres dan cawapres 2014 itu Jokowi,” katanya di Bandung, Kamis (26/12/2013).

Posisi keenam Hatta Rajasa 84,81 %, ketujuh Dahlan Iskan 77,63 % disusul Marzuki Alie 55,83 %, Mahfud MD 50,79 %, dan Gita Wirjawan 47,07 %.
Sementara itu, tokoh lain seperti Suryadharma Ali meraih 41,21%, Pramono Edi Wibowo 37,24%, Anis Matta 33,52% terakhir Anis Baswedan sebanyak 32,14%.

Hasil survey tersebut menurut Toni menunjukan dari segi daerah pemilihan (dapil) 26 kabupaten/kota yang ada di Jawa Barat, responden yang memilih sosok Jokowi mendominasi di semua dapil.

“Jokowi dominan di seluruh dapil. Kemudian untuk Prabowo di Kabupaten Bekasi lebih menonjol daripada Aburizal Bakrie," katanya.

Selera responden cenderung memilih tokoh asal luar Jabar untuk menjadi capres/cawapres. Padahal survey yang sama juga mendudukan Kepala. (K57)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Sepudin Zuhri

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper