Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Bank Sentral AS Tapering Off Mulai Januari, Ini Hasil Rapat The Fed

Bank Sentral Amerika Serikat memulai program pengurangan bertahap (tapering off) program pembelian surat berharga mulai Januari tahun depan.
Demis Rizky Gosta
Demis Rizky Gosta - Bisnis.com 19 Desember 2013  |  04:02 WIB
/Reuters
/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Bank Sentral Amerika Serikat memulai program pengurangan bertahap (tapering off) program pembelian surat berharga mulai Januari tahun depan.

Federal Open Market Comittee memutuskan untuk mengurangi stimulus moneter dari US$85 miliar per bulan menjadi US$75 miliar per bulan mulai bulan depan.

Keputusan tersebut dicapai pada rapat komisioner The Fed pada pagi dini hari, rapat terakhir yang diikuti oleh Gubernur The Fed Ben Bernanke yang akan digantikan dari jabatannya mulai tahun depan.

“FOMC memutuskan untuk mengurangi kecepatan pembelian asetnya, menyesuaikan dengan perkembangan penyerapan tenaga kerja,” papar siaran pers Dewan Gubernur The Fed, Kamis (19/12/2013).

Pembelian obligasi perumahan akan dikurangi dari US$40 miliar per bulan menjadi US$35 per bulan, sedangkan pembelian obligasi Departemen Keuangan AS dikurangi dari US$45 miliar per bulan menjadi US$40 miliar per bulan.

The Fed membuka peluang penurunan pengucuran stimulus moneter pada bulan setelah Januari sesuai dengan data perkembangan perekonomian terbaru.

“Jika informasi menunjukkan ekspektasi FOMC mengenai perkembangan di pasar tenaga kerja dan inflasi mendekati proyeksi jangka panjang [stimulus moneter akan kembali dikurangi,” papar The Fed.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bank sentral as tapering off paket stimulus as stimulus the fed
Editor : Nurbaiti

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top