Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bos Grup Djarum Jadi Orang Pertama Terkaya Untuk Kelima Kalinya, Ini Profil Singkatnya

Robert Budi Hartono dan Michael Hartono, generasi kedua Grup Djarum, kembali menempati urutan pertama orang terkaya di Indonesia untuk kelima kalinya versi Forbes

Bisnis.com, JAKARTA — Robert Budi Hartono dan Michael Hartono kembali menempati urutan pertama orang terkaya di Indonesia untuk kelima kalinya versi Forbes tahun ini.

Berdasarkan data di Wikipedia, disebutkan Robert Budi Hartono yang memiliki nama asli Oei Hwie Tjhong serta kakaknya, Michael Bambang Hartono alias Oei Hwie Siang, merupakan anak dari pendiri perusahaan Djarum yaitu Oei Wie Gwan.

Sekitar tahun 1963 atau saat Robert berusia 22 tahun, dia dan kakaknya menerima warisan untuk meneruskan perusahaan rokok dari Kudus tersebut.

Seiring berjalannya waktu, Djarum pun akhirnya melebarkan sayap dengan berinvestasi ke berbagai bidang a.l perbankan, properti, agrobisnis, elektronik dan multimedia. 

Pada 2007, keluarga Hartono itu mengendalikan 51% saham PT Bank Central Asia Tbk. (BBCA). Adapun untuk sektor properti, salah satu mega proyeknya adalah Grand Indonesia yang selesai pada 2008.

Selain itu, dia juga memiliki saham di perusahaan infrastruktur telekomunikasi, PT Sarana Menara Nusantara Tbk. (TOWR).

Selanjutnya, di bawah Hartono Plantations Indonesia duo bersaudara itu memiliki perkebunan sawit seluas 65.000 hektar yang terletak di provinsi Kalimantan Barat sejak 2008.

Group Djarum pun diketahui membeli situs Kaskus melalui perusahaannya Global Digital Prima Venture. (ra)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper