Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Halmahera Diguncang Gempa 6,2 SR Tak Berpotensi Tsunami

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan telah terjadi gempa bumi 6,2 SR pada Selasa (19/11/2013) pukul 20:32:53 WIB di Halmahera.

Bisnis.com, MEDAN - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan telah terjadi gempa bumi 6,2 SR pada Selasa (19/11/2013) pukul 20:32:53 WIB di Halmahera.

Pusat gempa berada di laut  pada koordinat 2,62 LU dan 128,42 BT ada kedalaman 11 Km. USGS, Badan Geologi Amerika, mencatat gempa bahkan berkekuatan 6,3 SR pada kedalaman 63,6 Km.  

Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), dalam keterangan tertulis mengatakan pusat gempa terletak  30 Km barat laut Pulau Morotai, Maluku Utara atau 140 Km timur laut Halmahera Barat, Maluku Utara.

"Gempa tidak berpotensi tsunami. Gempa berasal dari terusan Megathrust Philipina," ungkapnya.
 
Berdasarkan analisis peta guncangan gempa (shakemap) di wilayah pesisir utara Pulau Morotai, gempa berintensitas VI MMI atau kuat.

Beberapa daerah di Kecamatan Morotai Utara seperti Kelurahan Hapo, Sopi, Ici Sopi, dan Pangeo memiliki intensitas gempa VI MMI yang artinya guncangan gempanya kuat.
 
Di Kota Halmahera gempa dirasakan  sedang sekitar 2 detik. Sejauh ini masyarakat di Halmahera tampak tidak panik.

Sampai saat ini BPBD belum mendapatkan informasi dari Kecamatan Morotai Utara. Kondisi wilayah yang akses terbatas dan pesisir dari Pulau Morotai menyebabkan kendala memperoleh informasi secara cepat.

"Belum ada laporan kerusakan dan korban. BPBD Kabupaten Pulau Morotai masih melakukan pendataan," paparnya.  (ra)


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Sukirno
Editor : Rustam Agus

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper