Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Masalah Jembatan Siak III Berlarut-Larut

Dinas Pekerjaan Umum (PU) dinilai membuat masalah jembatan Siak III berlarut-larut terkait dengan ditundanya penutupan jembatan tersebut.
Jembatan Siak III /antara
Jembatan Siak III /antara

PEKANBARU - Ketua Fraksi Demokrat DPRD Riau Noviwaldy Jusman menyatakan Dinas Pekerjaan Umum (PU) membuat masalah jembatan Siak III berlarut-larut terkait dengan ditundanya penutupan jembatan tersebut.

"Dinas PU membuat masalah ini berlarut-larut, katanya mau ditutup tetapi tidak jadi. Ini membuat masalah tak selesai-selesai," kata Noviwaldy Jusman yang juga anggota Komisi C DPRD Riau di Pekanbaru, Sabtu (16/11/2013).

Ia menyatakan bahwa Dinas PU sebagai institusi harus bertanggungjawab sampai masalah tersebut tuntas, meskipun jabatan Kadis PU berakhir 21 November 2013.

Jembatan Siak III yang rencananya akan ditutup 15 November mengalami penundaaan. Alasan penundaan tersebut akibat masalah teknis dari kontraktor yang belum siap.

Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Riau, Ahmad Ismail mengatakan, pihaknya masih menunggu informasi dari kontraktor, agar pelaksanaan perbaikan segera dilakukan.

Menurutnya pemasangan material hanger belum rampung oleh kontraktor. Ini harus ditunggu sampai rampung hingga sepekan ke depan.

Penundaan ini juga dikoordnasikan dengan Instansi terkait seperti Dirlantas Polda Riau dan Dinas Perhubungan.

Ditutup 5 Bulan

Sebelumnya Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Riau menyatakan Jembatan Siak III di Kota Pekanbaru akan ditutup sementara mulai 15 November 2013 selama 5 bulan ke depan untuk memperbaiki kesalahan konstruksi jembatan yang baru berusia 2 tahun itu.

"Penutupan Jembatan Siak III akan dilaksanakan tanggal 15 November hingga 14 April 2014," kata Kepala Dinas PU Provinsi Riau, SF Hariyanto.

Keputusan penutupan sementara jembatan itu diambil dalam rapat di Kantor Dinas PU Riau, yang dihadiri oleh Ditlantas Polda Riau, PT Waskita Karya selaku kontraktor jembatan dan perwakilan masyarakat setempat.

Jembatan yang bernama lengkap Sultan Muhammad Ali Abdul Jalil Muazzamsyah itu diresmikan bertepatan pada peringatan Hari Ulang Tahun Gubernur Riau HM Rusli Zainal pada tanggal 3 Desember 2011. Namun, jembatan berwarna kuning itu sudah "cacat" sejak diresmikan.

Sebabnya, kondisi struktur bangunan tidak sesuai dengan desain awal karena mengalami lendutan melengkung negatif pada gelagar atau chamber bridge.

Mengenai biaya perbaikan, lanjutnya, seluruhnya akan ditanggung oleh PT Waskita Karya karena masih dalam masa pemeliharaan sesuai dengan kontrak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Fatkhul-nonaktif
Sumber : Newswire
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper