Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Wow, Harga Permata Merah Muda Ini Hampir Rp1 Triliun

Permata merah muda 59,60 karet terjual US$83 juta atau sekitar Rp963 miliar, rekor harga tertinggi untuk lelang sebuah batu mulia.

Bisnis.com, JENEWA—Permata merah muda 59,60 karet terjual US$83 juta atau sekitar Rp963 miliar, rekor harga tertinggi untuk lelang sebuah batu mulia.

Harga batu berbentuk oval itu melampaui rekor sebelumnya sekitar 82% saat lelang Rabu malam (13/11/2013) di Jenewa. Sotheby’s yang menggelar lelang itu menyebut batu itu salah satu harta karun alam paling berhaga di dunia. Harga itu termasuk premium pembeli.

Penjualan itu merupakan tanda kegairahan pasar dan kesuksesan tingkat tinggi bagi Sotheby’s, yang sedang menghadapi tekanan dari investor, menurut diler permata.

“Ini membawa respons cukup besar,” kata pelelang David Bennett, mengenai permata itu, seperti dikutip Bloomberg, Kamis (14/11/2013).

“Batu ini memenuhi semua syarat dalam hal kelangkaan, kualitas, ukuran, dan segalanya. Mahkota permata kerajaan Inggris yang terkenal itu pun tidak memiliki permata dengan ukuran atau warna seperti ini.”

Persaingan selama 4 menit untuk memperebutkan permata pink itu dibuka pada harga 48 miliar Swiss francs (US$52,5 juta) dengan bid dari ruang lelang. Harga melonjak dengan cepat hingga menembus 1 juta francs.

Meskipun ada sejumlah bidder melalui telepon, pemenang datang dari kerumunan dari ruang lelang. Permata “Pink Panther Theme” Henry Mancini itu dipotong dan dipoles oleh Steinmetz Diamonds, perusahaan yang dimiliki miliarder Israel Beny Steinmetz.

Batu mulia itu berasal dari tambang De Beers di Afrika. Model Denmark Helena Christensen pernah pernah mengenakan permata itu sebagai kalung saat pameran ke publik untuk kali pertama di Monako pada 2003.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis :
Editor :
Sumber : Bloomberg

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper