Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Anies Baswedan Capres Nonpartai Pilihan, Ungguli Dahlan dan Rhoma Irama

Hasil survei yang dilakukan oleh Lembaga Survei Independen Nusantara (LSIN) menunjukkan publik merekomendasikan Anies Baswedan menjadi calon presiden (Capres) dari non partai politik (Parpol).

Bisnis.com, Surabaya - Hasil survei yang dilakukan oleh Lembaga Survei Independen Nusantara (LSIN) menunjukkan publik merekomendasikan Anies Baswedan menjadi calon presiden (Capres) dari non partai politik (Parpol).

"Sosok Anies, berdasarkan hasil survei LSIN, diminati secara luas dan dari beragam kalangan baik dari sisi demografi, geografi, sosio ekonomi, dan latar belakang politik responden," kata Direktur eksekutif LSIN, Yasin Mohammad, seperti dikutip Antara, Minggu (10/11/2013).

Menurut dia, elektabilitas Anies Baswedan unggul atas deretan tokoh Nasional sekelas Dahlan Iskan, Mahfud MD, Din Syamsudin, Said Aqil Siradj, dan Rhoma Irama.

Survei nasional LSIN Capres Non Parpol dilakukan rentang waktu 1-15 Oktober 2013, melibatkan 1.500 responden dari 34 Provinsi di Indonesia di tambah beberapa responden dari luar negeri dengan maksud untuk menjajaki aspirasi publik terhadap munculnya pemimpin nasional dari non-Parpol.

Yasin Mohammad mengatakan ketika responden diajukan pertanyaan siapakah Capres yang layak menurut anda dari non-Parpol?, responden mengajukan beberapa nama yang dinilai pantas menjadi Capres 2014 di antaranya Anies Baswedan, Dahlan Iskan, Mahfud MD, Din Syamsudin, Said Aqil Siradj, dan Rhoma Irama.

Dari keenam sosok di atas, nama Anies Baswedan menempati posisi teratas dengan selisih tipis atas Dahlan Iskan. Saat ini tingkat keterpilihan Anies Baswedan sebagai Capres pilihan publik dari Non Parpol sebesar 19,6%, disusul Dahlan Iskan 18,5%, Mahfud MD 16,3%, Din Syamsudin 6,1%, Said Aqil Siradj 5,0%,  dan Rhoma Irama 4,3%, serta sisanya 2,0% tersebar pada nama-nama lainnya.

Sementara itu, sekitar 28,3% tidak menjawab atau tidak tahu sosok yang pantas menjadi Capres dari Non-Parpol.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nurbaiti
Editor : Nurbaiti
Sumber : Newswire
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper