Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bakal Capres 2014, Ini Perbedaan Figur Jokowi-JK-SBY

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) dan mantan Wapres Jusuf Kalla menempati peringkat tertinggi dalam riset pelaku strategi komunikasi politik terbaik. Ini Perbedaan Figur Jokowi-JK-SBY

Bisnis.com, JAKARTA – Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) dan mantan Wapres Jusuf Kalla menempati peringkat tertinggi dalam riset pelaku strategi komunikasi politik terbaik versi Lembaga Demokrasi Bertanggungjawab (LDB).

Direktur Eksekutif LDB Tjipta Lesmana mengungkapkan penelitian yang dilakukannya tidak terkait dengan siapa yang paling berpeluang untuk memenangkan persaingan capres 2014.

Namun, pengamat politik dari Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Gun Gun Heryanto meyakini dalam Pilpres 2014, masyarakat akan mencari figur yang berbeda dengan SBY.

Dia menilai Jokowi  dan Jusuf Kalla memiliki nilai perbedaan dengan Susilo Bambang Yudhoyono, yaitu lebih banyak praktik dibandingkan wacana.

"SBY dinilai minim praktik namun kuat wacana, hal itu berkebalikan dengan Jokowi dan JK yang lebih banyak menonjolkan praktik di lapangan. Sisi itu yang diharapkan masyarakat pada Pilpres 2014," kata Gun-Gun di Gedung DPR, seperti dikutip Antara.

Selain itu dia menilai sosok Jokowi-JK membangun komunikasi politik secara periodik dan tidak dilakukan saat pemilu saja. Hal itu menurut dia, dilihat masyarakat sebagai nilai positif sehingga meningkatkan kepercayaan dan elektabilitas kedua tokoh tersebut.

"Dari sisi koherensi karakterologis, kedua tokoh tersebut sulit diserang karena 'blusukan' yang mereka lakukan tidak temporer," ujarnya.

Gun Gun juga meyakini bahwa kedua tokoh tersebut mampu membangun semangat komunitarianisme di masyarakat yang merupakan ciri khas Indonesia.

Dalam survei yang dirilis Lembaga Penelitian Bertanggungjawab (LPB) disebutkan bahwa Jokowi dan JK menempati posisi pertama dan kedua dengan skor masing-masing 85 serta 81.

Penelitian itu terkait dengan kualitas komunikasi politik yang dibangun beberapa bakal calon presiden yang berkembang di masyarakat.

Varibel atau parameter komunikasi politik dalam survei itu seperti konteks komunikasi yang digunakan, penampilan, pesan yang disampaikan, bahasa nonverbal, kualitas suara, dan rasa humor yang dimiliki.

Masing-masing variabel memiliki poin berbeda-beda, yaitu konteks komunikasi (35 poin), pesan 25 poin, komunikasi nonverbal dan penampilan 15 poin, kualitas suara 5 poin, dan humor 5 poin.

Selanjutnya, urutan dalam survei itu disebutkan di posisi ketiga Prabowo Subianto 78 poin, Anies Baswedan 75 poin, Surya Paloh 73 poin, dan Gita Wirjawan 70 poin. Lalu di urutan ke tujuh ada Aburizal Bakrie 68 poin, Wiranto 67 poin, Dahlan Iskan 65 poin, Megawati Soekarnoputri 63 poin, dan Pramono Edhie Wibowo 63 poin.

Berikut peringkat pelaku strategi komunikasi politik terbaik versi Lembaga Demokrasi Betanggungjawab (LDB):

1. Jokowi

2. Jusuf Kalla

3. Prabowo subianto

4. Anis Baswedan

5. Suryo Paloh

6. Gita Wirjawan

7. Aburizal Bakrie

8. Wiranto

9. Dahlan Iskan

10. Megawati Soekarnoputri

11. Pramono Edhie

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nurbaiti
Editor : Nurbaiti
Sumber : Newswire
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper