Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Besok India Luncurkan Roket ke Planet Mars

India akan meluncurkan pesawat ruang angkasa ke planet Mars besok dengan misi untuk melakukan penelitian di planet merah tersebut sebelum China dan Jepang melakukannya.

Bisnis.com, JAKARTA - India akan meluncurkan pesawat ruang angkasa ke planet Mars besok dengan misi untuk melakukan penelitian di planet merah tersebut sebelum China dan Jepang melakukannya.

Roket itu dijadwalkan meluncur pukul 14.38 waktu India bagian tenggara atau pukul 01.38 WIB. Perjalanan roket itu akan menempuh jarak 680 juta km dengan waktu tempuh selama hampir satu tahun, menurut Organisasi Riset Ruang Angkasa India. Sejauh ini hanya Eropa, AS dan Rusia yang mampu meluncurkan pesawatnya ke planet Mars.

“Saat ini terjadi persaingan dan adu gengsi untuk menguasai teknologi ruang angkasa di Asia meski hanya sebagian pejabat yang mengakuinya,” ujar James Moltz, seorang profesor dari Naval Postgraduate School di California.

Perdana Menteri India, Manmohan Singh, menepis berbagai kritikan dari rencana peluncuran itu. Pemerintah negara itu dikecam karena terus mengupayakan proyek senilai $73 juta itu ketika dua pertiga dari jumlah penduduknya yang berjumlah 1,2 miliar jiwa hidup di bawah garis kemiskinan.

“Pertanyaan yang muncul adalah apakah negara miskin seperti India mampu menjalankan program luar angkasa. Namun jangan lupa bahwa pembangunan negara pada akhirnya adalah karena peran teknologi,” ujarnya sebagaimana dikutip Bloomberg, Senin (4/11/2013).

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Yusran Yunus
Sumber : Bloomberg
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper