Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dinasti Politik Juga Berlaku di Malaysia

Dinasti politik tidak hanya menjadi fenomena di Indonesia menyusul maraknya kritikan para pengamat terhadap praktik tersebut akhir-akhir ini. Fenomena tersebut juga tengah menggejala di negara jiran Malaysia.

Bisnis.com, JAKARTA - Dinasti politik tidak hanya menjadi fenomena di Indonesia menyusul maraknya kritikan para pengamat terhadap praktik tersebut akhir-akhir ini. Fenomena tersebut juga terjadi di negara jiran Malaysia.

Mukhriz Mahathir, putra mantan Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohammad, dilaporkan akan maju sebagai kandidat wakil ketua Organisasi Nasional Melayu Bersatu (UMNO).

Partai politik tersebut merupakan pemimpin koalisi partai berkuasa yang dikenal dengan Barisan Nasional yang berkuasa sejak 1957 setelah negera itu merdeka dari Inggris.

Mahathir pernah tercatat sebagai ketua UMNO dan berkuasa selama 22 tahun di negara dengan kekuatan ekonomi ketika di Asia Tenggara tersebut.

Perdana Menteri Najib Razak juga merupakan cucu dari mantan Perdana Menteri Malaysia Tunku Abdurrazak. Sementara itu, organisasi sayap pemuda UMNO dipimpin oleh Khairy Jamaluddin yang tidak lain adalah menantu mantan Perdana Menteri Malaysia Abdullah Ahmad Badawi.

“Peluang Mukhriz untuk menjadi ketua UMNO terbuka luas,” ujar Wan Saiful Wan Jan, CEO Institute for Democracy and Economic Affairs sebagaimana dikutip Bloomberg, Jumat (18/10/2013). Sedangkan Khairy saat ini menjabat sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga dalam kabinet pimpinan Najib.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Sepudin Zuhri
Sumber : Bloomberg
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper