Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ekspor Kakao Lampung US$7,4 Juta per September

Bisnis.com, BANDARLAMPUNG - Ekspor kakao Lampung selama September 2013 tercatat senilai US$7,4 juta  dengan volume 3.249 ton."Jumlah itu naik bila dibandingkan dengan Agustus 2013, yakni senilai US$2,9 juta  dengan volume 1.295 ton," kata Kepala
Bambang Supriyanto
Bambang Supriyanto - Bisnis.com 11 Oktober 2013  |  03:53 WIB
Ekspor Kakao Lampung US$7,4 Juta per September
Bagikan

Bisnis.com, BANDARLAMPUNG - Ekspor kakao Lampung selama September 2013 tercatat senilai US$7,4 juta  dengan volume 3.249 ton.

"Jumlah itu naik bila dibandingkan dengan Agustus 2013, yakni senilai US$2,9 juta  dengan volume 1.295 ton," kata Kepala Dinas Koperasi, UMKM, Perindustrian, dan Perdagangan Provinsi Lampung Choiria Pandarita didampingi Kepala Bidang Perdagangan Luar Negeri Ratna Dewi di Bandarlampung, Kamis (10/10).

Dia menjelaskan ekspor tersebut naik disebabkan produksi kakao meningkat pada periode tersebut dibanding sebelumnya. Selain itu, ekspor komoditas tersebut agak lesu pada Agustus mengingat bertepatan dengan Lebaran 2013.

Menurutnya,komoditas kakao merupakan salah satu penyumbang devisa cukup besar daerah itu. Panen di sentra perkebunan kakao di Lampung, cukup bagus, sedangkan kakao masih merupakan komoditas unggulan Lampung disamping lainnya, seperti kopi, sawit, lada, dan kopra.

Sementara itu, petani kakao di Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung, menyatakan bahwa harga komoditas ini masih bertahan dikisaran Rp22.500--Rp23.000/kg, katanya.

"Harga biji kakao asalan saat ini masih stabil," kata Hermanto petani kakao di Kalianda.

Menurutnya, harga kakao diperkirakan bertahan mengingat panen masih berlangsung dan cuaca juga mendukung untuk penjemuran sehingga kualitasnya juga cukup bagus.

Adi agen komoditas unggulan di Pasar Smep mengatakan bahwa harga komoditas perkebunan saat ini masih sama seperti pekan lalu.

"Belum ada perubahan harga kakao di tingkat agen. Harga masih stabil," kata dia.

Dia menjelaskan untuk harga kakao masih bertahan dikisaran Rp25.500/kg, sedangkan penjualan menurun dibandingkan pekan sebelumnya dan belum ada peningkatan hingga kini. (Antara)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kakao ekspor kakao
Editor : Bambang Supriyanto
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top