Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Cuti Bersama Pengaruhi Kinerja Industri Padat Karya

Bisnis.com, JAKARTA – Pelaku industri mengakui setiap hari libur atau cuti bersama tiba memiliki dampak bagi kinerja industri padat karya terutama terhadap komponen biaya produksi.“Kalau dari sisi produksi, manajemen perusahaan sudah mengantisipasinya
Peni Widarti
Peni Widarti - Bisnis.com 11 Oktober 2013  |  18:39 WIB
Cuti Bersama Pengaruhi Kinerja Industri Padat Karya
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Pelaku industri mengakui setiap hari libur atau cuti bersama tiba memiliki dampak bagi kinerja industri padat karya terutama terhadap komponen biaya produksi.

“Kalau dari sisi produksi, manajemen perusahaan sudah mengantisipasinya dengan sistem lembur sebelum hari libur. Jadi sudah tercover,” Hasan Aoni Aziz Us, Sekjen Gabungan Perserikatan Pabrik Rokok Indonesia (Gappri), Jumat (11/10/2013).

Namun dari segi komponen biaya, jelasnya, perusahaan harus membayar honor lembur kepada ratusan ribu karyawan pada posisi tertentu yang memang pekerjaannya tidak dapat ditinggalkan.

“Gaji karyawan yang lembur kan dua kali lipat atau double dari hari biasa bekerja. Perhitungannya masuk dalam kategori overtime,”  ujarnya.

Sementara itu, menurut Franky Sibarani, Sekjen Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Seluruh Indonesia (Gapmmi), banyaknya liburan maupun cuti bersama pada akhir tahun ini tidak ada pengaruh yang signifikan terhadap kinerja industri.

“Liburan itu memang ada peluang untuk permintaan produk makanan, tetapi tidak terlalu besar. Dan biasanya setiap perusahaan sudah memperhitugkan aktivitas produksi jauh hari sebelum hari libur tiba,” katanya.

Selain itu, kata Franky, hari libur merupakan hak setiap karyawan sehingga perusahaan harus memberikan hari libur tersebut.

“Bergantung pada kebijakan masing-masing perusahaan yang ingin tetap beroperasi pada saat hari libur, seperti jam kerja yang bergantian antara karyawan satu dengan yang lain,” imbuhnya.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Liburan cuti bersama kinerja industri
Editor : Ismail Fahmi
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top