Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kredit Apartemen di Medan Melonjak Tajam

Bisnis.com, MEDAN - Kredit pemilikan flat atau apartemen hingga tipe 21 di Sumatra Utara pada Agustus 2013 melonjak tajam mencapai 128,27% atau sebesar Rp4,5 miliar dari bulan yang sama tahun sebelumnya sebesar Rp1,9 miliar.Kendati demikian pertumbuhan

Bisnis.com, MEDAN - Kredit pemilikan flat atau apartemen hingga tipe 21 di Sumatra Utara pada Agustus 2013 melonjak tajam mencapai 128,27% atau sebesar Rp4,5 miliar dari bulan yang sama tahun sebelumnya sebesar Rp1,9 miliar.

Kendati demikian pertumbuhan kredit apartemen Agustus 2013 dibandingkan dengan Desember 2012 justru turun 58,61%. Padahal pertumbuhan kredit apartemen sepanjang tahun lalu mencapai 595,31%.

Asisten Direktur Ekonomi dan Moneter Bank Indonesia Kantor Wilayah IX Sumut dan Aceh Suti Masniari Nasution mengatakan pertumbuhan permintaan apartemen di Sumut terjadi akibat perubahan gaya hidup masyarakat. Warga Medan khususnya sudah mulai mengubah pola pikir untuk tinggal di apartemen.

Dia menjelaskan pola pikir tersebut berubah setelah jumlah tanah di Medan mulai menyempit dan tak lagi luas untuk membangun rumah tapak. Tren tinggal di apartemen mulai merambah dari kota-kota besar seperti Jakarta ke kota lainnya seperti Surabaya dan Medan.

"Apartemen menjanjikan fasilitas yang cukup baik. Mungkin untuk kalangan tertentu cukup nyaman dengan memiliki apartemen mungkin keamanannya, perawatan terjamin, itu yang membuat masyarakat ingin praktis dengan keinginan tinggal di tempat seperti itu," ujarnya akhir pekan lalu, Jumat (27/9/2013).

Dia menuturkan pertumbuhan kredit apartemen yang mencapai lebih dari 128% tidak dapat dibandingkan dengan kredit rumah tapak. Pasalnya, pertumbuhan tersebut dibandingkan dengan perkembangan permintaan apartemen itu sendiri pada tahun lalu.

Pertumbuhan permintaan apartemen, sambungnya, terbukti dengan banyaknya apartemen yang bermunculan di Medan. Pengembang menilai pasar di Medan sangat menjanjikan sehingga mereka membangun hunian high residence di kota ini.

"Makannya pengembang juga membangun apartemen di Medan. Mereka melihat sejarah tren pertumbuhannya cukup tinggi sehingga mereka mau investasi di sektor apartemen," tuturnya.

BI Wilayah IX Sumut dan Aceh mencatat perkembangan penyaluran kredit pemilikan rumah (KPR) di Sumut pada Agustus 2013 menunjukkan peningkatan mencapai Rp12,2 triliun. Jumlah tersebut meningkat 19,63% dibandingkan bulan sebelumnya Rp11,9 triliun.

Sementara itu, KPR pada Agustus juga tercatat melonjak 30,95% dibandingkan dengan bulan yang sama tahun lalu yang mencapai Rp14,9 triliun.

Dia menambahkan terkait uang muka kredit (Down Payment/DP) yang diterapkan untuk tipe di atas 70, dinilai masih cukup bagus. Dia menyebutkan KPR untuk Rumah di atas tipe 70 mengalami pertumbuhan 24,78%, dari Rp4,43 triliun pada Agustus 2012 menjadi Rp5,42 triliun pada Agustus 2013.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Sukirno
Editor : Ismail Fahmi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper