Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

DPR Segera Uji Kelayakan Komjen Pol Sutarman Sebagai Calon Kapolri

Bisnis.com, JAKARTA-- Anggota Komisi III DPR Bambang Soesatyo mengatakan DPR segera menjadwalkan uji kelayakan dan kepatutan calon Kapolri, menyusul pengajuan  nama Komjen Pol Sutarman sebagai orang nomor satu di kepolisian oleh presiden.

"Uji kelayakan dan kepatutan akan dilakukan sebelum masa sidang yang akan berakhir pada 26 Oktober mendatang," ujar Bambang di Jakarta, Sabtu (28/9/2013) malam.

Selanjutnya, kata Bambang,  terserah presiden kapan akan melantik Kapolri baru tersebut. Hal itu mengingat masa pensiun Kapolri Timur Pradopo yang akan berakhir pada Januari 2014.

Terkait surat Presiden tentang pengajuan Komjen Pol Sutarman sebagai calon tunggal, Bambang mengatakan surat tersebut akan dibacakan secara resmi pada sidang paripurna, Selasa (1/10/2013).

"Selanjutnya, Bamus akan meminta Komisi III untuk mengagendakan jadwal uji kelayakan tersebut." Disinggung mengenai nama Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) Komjen Pol Sutarman sebagai calon tunggal Kapolri, politisi Golkar tersebut mengatakan penunjukan itu sudah tepat.

"Penunjukkan (pencalonan) Sutarman menurut saya sudah tepat, baik dari sisi kemampuan atau kecakapan, jam terbang maupun senioritas," paparnya.

Bambang mengharapkan dengan segala persyaratan yang dimilikinya, Sutarman diharapkan mampu melakukan konsolidasi dan meningkatkan kinerja serta mengembalikan kepercayaan diri prajurit Polri.

Selain itu, kata politikus Golkar tersebut, di tengah maraknya teror terhadap anggota polisi dan isu korupsi di tubuh Polri, sosok Kapolri baru nantinya harus memiliki ketegasan. (Antara)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ismail Fahmi
Editor : Ismail Fahmi
Sumber : Newswire
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper