Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

PLN Riau Siap Matikan 14 PLTD Tahun Depan

Bisnis.com, PEKANBARU - PT PLN (Persero) Wilayah Riau dan Kepulauan Riau (WRKR) siap ‘membunuh’ 14 Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) pada tahun depan.
Vega Aulia Pradipta
Vega Aulia Pradipta - Bisnis.com 12 September 2013  |  19:49 WIB

Bisnis.com, PEKANBARU - PT PLN (Persero) Wilayah Riau dan Kepulauan Riau (WRKR) siap ‘membunuh’ 14 Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) pada tahun depan.

Zulfiantora Tanjung, Manager Perencanaan PLN Wilayah Riau dan Kepulauan Riau mengatakan penghematan yang diperoleh PLN dari 14 PLTD yang dimatikan itu bisa mencapai Rp464 miliar.

“Tahun depan kami targetkan bisa menghemat 47.032 kiloliter HSD [High Speed Diesel/minyak solar] atau bisa hemat sekitar Rp464 miliar,” ujarnya ketika ditemui di kantornya, Kamis (12/9/2013).

Zulfiantora mengatakan pemakaian HSD akan diturunkan sekitar 19%, dari tahun ini sebanyak 248.000 kiloliter menjadi hanya 200.968 kiloliter pada tahun depan.

Keempatbelas PLTD yang akan dimatikan itu tersebar di area Dumai, Rengat, dan Pekanbaru. Meski demikian, PLN tetap membutuhkan investasi untuk mematikan 14 PLTD tersebut, yakni sebesar Rp73 miliar.

Pasalnya, PLN akan memindahkan beban-beban yang selama ini disuplai oleh HSD, jadi masuk ke sistem yang lebih hemat energi yakni masuk ke subsistem Riau, atau dengan cara membangun pembangkit yang lebih murah.

Dengan demikian, tetap diperlukan investasi untuk pemasangan jaringan. PLN berharap saat implementasi di lapangan nantinya, tidak ada kendala sosial dengan warga utamanya saat pembebasan lahan dan dari segi perizinan.  

“Mudah-mudahan lancar. Jangan sampai pas mau pasang tiang, ada masalah sama warga,” ujarnya.

Seperti diketahui, pemakaian solar untuk bahan bakar pembangkit listrik adalah sangat boros dan menelan biaya tinggi. PLN secara nasional memang sudah mulai mematikan pengoperasian PLTD secara bertahap dan menggantinya dengan bahan bakar yang lebih murah.

 

“Di samping itu, bukan sekedar biaya yang bisa kita hemat. Dengan beralihnya diesel ke sistem yang lebih baru, diharapkan keandalan listrik juga lebih baik,” tambah Zulfiantora.  

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

PLN pltd riau dan kepulauan riau
Editor : Bambang Supriyanto
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top