Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jokowi 'Raja' Pemberitaan Capres

Bisnis.com, JAKARTA--Lembaga big data analytics di Singapura, Purengage, melakukan pemetaan prospek terhadap capres konvensi  Demokrat dan nonkonvensi di mata publik  dan media massa.Hasilnya? Dalam dua bulan terakhir. Joko Widodo (Jokowi) 

Bisnis.com, JAKARTA--Lembaga big data analytics di Singapura, Purengage, melakukan pemetaan prospek terhadap capres konvensi  Demokrat dan nonkonvensi di mata publik  dan media massa.

Hasilnya? Dalam dua bulan terakhir. Joko Widodo (Jokowi)  meskipun tidak menjadi peserta konvesnsi  memiliki indeks pemberitaan tertinggi yaitu 1,75, disusul Dahlan Iskan (1,18). Jokowi berhasil mengelola opini media massa selama menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta.

“Dengan adanya konvensi Demokrat persaingan akan semakin ketat ," ujar Gusrizal Algamar,  Business Director Purengage, dalam keterangani pers di Jakarta, Jumat (6/9/2013).


Berkaitan dengan isu, tokoh-tokoh politik tersebut diberitakan sesuai dengan fokusnya masing-masing. Jokowi dan Prabowo Subianto seringkali diberitakan terkait tema politik. Dahlan Iskan mengarah pada isu ekonomi sedangkan percakapan tentang Gita Wirjawan cukup seimbang yakni mengarah pada tema politik, ekonomi dan sosial budaya.

Meskipun popularitas Jokowi tertinggi, disarankan agar dia  memperhatikan sentimen di media sosial karena penggunanya mencapai  60 juta jiwa) dan penyebarannya sangat capat yakni  0,01 detik di twitter.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ismail Fahmi
Editor : Ismail Fahmi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper