Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Duh! Es di Kutub Utara Mencair, 17.000 Pulau RI Bakal Tenggelam

Bisnis.com, JAKARTA - Jika es di Kutub Utara mencair apa yang akan terjadi? Permukaan air laut pasti akan naik, dan Indonesia akan merasakan dampaknya karena lebih dari 17.000 pulau di Tanah Air  terancam tenggelam.Staf Ahli Bidang Teknologi Hankam

Bisnis.com, JAKARTA - Jika es di Kutub Utara mencair apa yang akan terjadi? Permukaan air laut pasti akan naik, dan Indonesia akan merasakan dampaknya karena lebih dari 17.000 pulau di Tanah Air  terancam tenggelam.

Staf Ahli Bidang Teknologi Hankam Kementerian Ristek Teguh Rahardjo mengatakan fenomenal global seperti perubahan iklim, akan membuat udara semakin panas. Hal itu akan berimbas pada Kutub Utara, dimana esnya bisa mencair.

"Indonesia sangat terpengaruh pada perubahan cuaca. Jika Kutub Utara esnya mencair, akan membuat sebagian pulau kita mengecil, sebagian lagi tenggelam. Belum lagi dampak lainnya," katanya Senin (2/9/2013).

Sejauhmana dampak itu dan bagaimana mengantisipasinya, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) bekerjasama dengan Badan PBB yang mengurusi keantariksaan (United Nations Office for Outer Space Affairs/UNOOSA) menggelar Konferensi Internasional tentang Aplikasi Teknologi Antariksa untuk Perubahan Iklim (United Nations/Indonesia International Conference on Integrated Space Technology Applications to Climate Change) di Hotel Borobudur, Jakarta, 2-4 September 2013.

Juan Carlos Villagran dari UNOOSA, membenarkan jika Indonesia paling berdampak pada perubahan iklim. Pulau-pulau yang dimiliki Indonesia bisa terancam. Meski Indonesia memiliki teknologi antariksa, tetap butuh dukungan dari negara lain.

"Kita bisa belajar, berdiskusi mengenai cara mengantisipasi dampak perubahan iklim dengan menggunakan teknologi antariksa, khususnya teknologi penginderaan jauh. Apalagi kita belum punya satelit khusus untuk meteorologi. Karenanya perlu kerja sama dengan negara-negara maju," kata Orbita Roswintiarti, Kepala Pusat Teknologi Penginderaan Jauh Lapan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rahmayulis Saleh
Editor : Yusran Yunus

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper