Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Selasa malam Terjadi Bulan Purnama Biru. Ini 5 Fakta Menariknya

Bisnis.com, JAKARTA - Ketika bulan purnama naik pada kemarin malam (20/8/2013), secara teknis akan menjadi Bulan Biru, tetapi bukan bulan biru sebenarnya seperti yang mungkin ada di dalam benak anda.
Winda Rahmawati
Winda Rahmawati - Bisnis.com 21 Agustus 2013  |  19:44 WIB

Bisnis.com, JAKARTA - Ketika bulan purnama naik pada kemarin malam (20/8/2013), secara teknis akan menjadi Bulan Biru, tetapi bukan bulan biru sebenarnya seperti yang mungkin ada di dalam benak anda.

Space.com menulis, bulan biru yang terjadi semalam bukan merupakan bulan purnama kedua pada Agustus, tetapi sebenarnya nama bulan biru itu diperoleh dari peraturan tersembunyi yang relatif dari ilmu astronomi.

Dan ada beberapa rincian mengenai bulan purnama yang mungkin akan mengejutkan anda. Jadi untuk merayakan bulan biru, berikut ini ada lima fakta yang menakjubkan tentang adanya bulan purnama ini.

  • Bukan biru dalam artian sesungguhnya. Nama Bulan Biru sebenarnya tidak ada hubungannya dengan warna. Kadang-kadang, bulan purnama dapat muncul pucat kemerah-merahan, tetapi bulan purnama kemarin tidak ada kaitannya dengan warna tetangga kosmos Bumi. Bulan bisa tampil berwarna biru jika kebakaran hutan atau letusan gedung berapi mengotori bagian atas atmosfer dengan abu atau asap. Letusan gunung berapi memberikan bulan goresan kebiru-biruan dari sudut pandang orang kebanyakan di muka Bumi pada 1991.
  • Ada dua definisi untuk Bulan Biru. Istilah Bulan Biru mulanya ditetapkan pada bulan purnama ketiga dalam musim bulan keempat, tetapi setelah bercampur di atas majalah “Sky&Telescope’ pada 1943, istilah itu mengambil makan yang berbeda.

Sebuah artikel di majalah itu keliru mendefinisikan bulan biru sebagai bulan purnama penuh dalam satu bulan. Bulan biru tertentu bukanlah Bulan Biru dalam artian teknis, tetapi tidak memenuhi kriteria untuk definisi kedua. Bulan purnama ketiga  merupakan peraturan musim bulan purnama keemat yang dirinci dalam edisi 1937 Maine Farmers' Almanac yang kini tak lagi berfungsi.

  • Bulan Biru memiliki banyak nama. Hari ini bulan biru juga diketahui sebagia bulan purnama sturgeon, bulan jagung hijau, bulan gabah, dan bulan purnama merah. Tiap Agustus nama-nama bulan purnama timbul dari berbagai julukan yang diberikan untuk bulan purnama dari bulan tertentu menurut penduduk asli Amerika dan tradisi Eropa.
  • Bulan Biru hanya penuh untuk sementara. Walaupun rembulan biasanya terlihat penuh sehari sebelum dan sehari sesudah bulan purnama, ada secara teknis suatu ketika bulan itu nampak penuh di langit.

Kemarin malam, bulan tampil penuh pada 9.46 PM , ketika cuaca dan cahaya memungkinkan bulan terlihat bagi orang-orang di sebelah pantai timur Amerika Serikat.

  •  Ini semacam pandangan langka bulan biru terjadi agak jarang. Setelah semalam bulan biru, bulan biru lainnya muncul tidak akan lagi muncul sampai 2015. Ungkapan ‘sekali dalam bulan biru’ berarti peristiwa langka karena para ahli mengalami kesusahan untuk memprediksi kapan bulan purnama yang berbeda akan terjadi selama tahun tertentu. (foto: space.com/yus)

 

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

blue moon bulan purnama space.com

Sumber : Newswire

Editor : Yusran Yunus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

BisnisRegional

To top