Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Supermoon Blue Moon Bikin Banjir di Florida Makin Parah

Supermoon Blue Moonmeningkatkan air pasang di atas normal seperti Badai Idalia yang menerjang pantai Barat Florida, sehingga memperparah banjir.
Supermoon yang dikenal dengan nama Blue Moon muncul di Mexico City, Meksiko 30 Agustus 2023. REUTERS/Henry Romero
Supermoon yang dikenal dengan nama Blue Moon muncul di Mexico City, Meksiko 30 Agustus 2023. REUTERS/Henry Romero

Bisnis.com, JAKARTA - Supermoon Blue Moon yang jarang terjadi dapat meningkatkan air pasang di atas normal seperti Badai Idalia yang menerjang pantai Barat Florida, sehingga memperparah banjir akibat badai tersebut.

Dilansir dari AP News, Bulan berada paling dekat dengan Bumi pada Rabu (30/8/2023), hari yang sama ketika Idalia mendarat sebagai badai kategori 3 tingkat tinggi di dekat Pantai Keaton di wilayah Big Bend di Florida dengan kecepatan angin maksimum mendekati 200 km per jam.

Meskipun supermoon dapat menjadi latar belakang spektakuler dalam foto-foto bangunan di seluruh dunia, tarikan gravitasinya yang semakin intensif juga membuat air pasang menjadi lebih tinggi.

“Menurut saya, waktunya sangat buruk untuk kejadian ini,” kata Brian Haines, ahli meteorologi yang bertanggung jawab di Kantor Layanan Cuaca Nasional di Charleston, Carolina Selatan.

Hal ini diperkirakan akan memperburuk banjir rob tidak hanya di Florida, tetapi juga di negara bagian seperti Georgia dan Carolina Selatan, tempat kantor Haines telah memperingatkan penduduk bahwa sebagian wilayah Charleston mungkin akan terendam air pada Rabu malam.

Saat bulan purnama, Matahari dan Bulan tertarik ke arah yang sama yang berdampak pada peningkatan pasang surut di atas kisaran normal, kata Kerry Emanuel, Profesor Emeritus Ilmu Atmosfer di Massachusetts Institute of Technology.

Tarikan gravitasi bulan semakin kuat ketika berada lebih dekat dengan Bumi, sehingga pasang surut air laut pun semakin tinggi.

Gelombang badai sering kali menjadi pembunuh terbesar ketika badai melanda. Air laut yang mengalir ke daratan bisa mencapai ketinggian 4,6 meter di sepanjang sebagian pantai barat Florida, demikian proyeksi Pusat Badai Nasional dalam laporan terbarunya pada hari Selasa.

Lebih jauh ke Selatan, gelombang badai setinggi 2,1 meter diperkirakan terjadi di wilayah Tampa Bay.

Badai Idalia menghantam Florida pada Rabu (30/8/2023) sebagai badai kategori 3 dan menimbulkan kehancuran di sepanjang wilayah Gulf Coast.

Gelombang badai yang bisa lebih tinggi dari manusia merupakan kekhawatiran dalam badai besar mana pun. Gelombang pasang dan pengaruh supermoon dapat meningkatkan hal tersebut.

“Ada pepatah yang mengatakan Anda bersembunyi dari angin dan lari dari air dan semoga orang-orang memperhatikan nasihat itu,” kata Brian Tang, Profesor Ilmu Atmosfer di Universitas Albany di New York.

Bagian Barat Laut Florida tempat Idalia mendarat pada hari Rabu (30/8/2023) sangat rentan terhadap gelombang badai karena kondisi geografis wilayah tersebut.

Landas kontinen terbentang sangat jauh dari pantai dan memiliki kemiringan bertahap memungkinkan lautan tumbuh lebih tinggi saat angin topan mendorong air ke daratan, kata Tang.

Bentuk pantai di wilayah tersebut yang dikenal sebagai kawasan Big Bend Florida juga melengkung ke dalam yang dapat memfokuskan gelombang badai sehingga menjadikannya lebih berbahaya, katanya.

Di Carolina Selatan, ada kekhawatiran jalur Badai Idalia akan melewati kota bersejarah Charleston dan daerah sekitarnya yang dikenal sebagai Low Country. Hal itu akan menambah air pada gelombang pasang yang diperkirakan, kata Haines.

Badan cuaca memperkirakan air pasang setinggi 2,5 meter di Charleston pada Rabu (30/8/2023) malam yang dapat mengakibatkan banjir yang meluas di pusat Kota Charleston. Bahkan dengan air pasang setinggi 2,3 meter, beberapa jalan di kota terendam banjir dan tidak dapat dilalui. (Nizar Fachri Rabbani)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Redaksi
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper