Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

RI Gelar Pameran Styl Kabo di Republik Ceko

Bisnis.com, JAKARTA -Gemuruh tepuk tangan dan decak kagum para penonton mengiringi puncak fashion show karya Dian Pelangi, ketika Duta Besar RI Praha Emeria W.A. Siregar, dan Dian Pelangi naik ke atas catwalk dalam fashion show yang diselenggarakan di
Bambang Supriyanto
Bambang Supriyanto - Bisnis.com 20 Agustus 2013  |  22:06 WIB

Bisnis.com, JAKARTA -Gemuruh tepuk tangan dan decak kagum para penonton mengiringi puncak fashion show karya Dian Pelangi, ketika Duta Besar RI Praha Emeria W.A. Siregar, dan Dian Pelangi naik ke atas catwalk dalam fashion show yang diselenggarakan di Expo Styl Kabo di kota Brno, Republik Ceko pada 18 Agustus 2013.

“Sangat membanggakan, kreasi batik dan tenun karya desainer muda Indonesia digelar bersama gaun-gaun desainer sekelas Emilio Pucci dan Oscar de la Renta yang telah memiliki reputasi internasional” ujar  Dubes Emeria Siregar menjawab pertanyaan beberapa media Ceko yang meliput kegiatan tersebut. 

Menurun keterangan pers yang diterima Bisnis, Selasa (20/8), dia menjelaskan disamping agar dapat lebih memahami kualitas tekstil Indonesia, Dubes RI untuk Republik Ceko tersebut berharap publik Ceko juga semakin mengenal busana dan dunia fashion Indonesia yang telah semakin mendunia. 

Sekitar 30 koleksi busana karya Dian Pelangi berbahan batik dan tenun diperagakan oleh model Indonesia dan model Ceko selama 3 hari pameran Styl Kabo, 18 – 20 Agustus 2013.

Dengan dukungan Kementerian Perdagangan RI, dalam Pameran Styl Kabo-Brno, KBRI Praha bekerjasama dengan Indonesia Trade Promotion Center (ITPC), Budapest, berpartisipasi dalam stand Indonesia diikuti oleh 9 perusahaan Indonesia yang bergerak di bidang tekstil dan busana yaitu: Listex, Tegar, Seko Busana, Samatex, Gerindo, Seko Busana, Kain Dari Indonesia, Erna Gallery, Dian Pelangi. 

Stand Indonesia menarik perhatian istri mantan Presiden Ceko, Mrs. Livia Klausova, yang pada Juli 2012 mendampingi Presiden Vaclac Klaus dalam kunjungan kenegaraan ke Indonesia.

Menurut A.Guntur Setyawan, Counsellor Pensosbud Kedubes RI di Praha, partisipasi Indonesia dalam pameran di Brno ini sebagai upaya penetrasi ekspor tekstil dan fashion Indonesia dengan fokus batik dan tenun ke kawasan Eropa Tengah dan Timur, khususnya Republik Ceko.

"Pameran Internasional Styl Kabo, merupakan pameran fashion, tekstil dan sepatu. Pameran pada 2013 diikuti oleh 406 perusahaan dari 20 negara antara lain Indonesia, China, Bulgaria, Itali, Prancis, Pakistan, Polandia, Hungaria, Jerman, dan lain-lain," ujarnya.

Berdasarkan data dari Kantor Statistik Republik Ceko, nilai ekspor RI ke Ceko tahun 2012 untuk berbagai jenis tekstil, aksesoris, pakaian dan sepatu mencapai sebesar US$ 61,09 juta, sedangkan sampai dengan Juni 2013 telah mencapai nilai sebesar US$ 27,50 juta.

Total nilai perdagangan RI – Ceko pada 2012 sebesar US$ 465, 89 juta, sedangkan mentara hingga Juni 2013 telah senilai  US$ 210,61, atau mengalami peningkatan sebesar 2,03% dibandingkan dengan periode sama 2012.

“Kami mengharapkan dengan pameran semacam ini, semakin banyak produk kami bisa masuk ke pasar Eropa Tengah dan Timur melalui Ceko, dan semoga pameran tahun depan bisa terlaksana dengan jumlah peserta dan pengunjung yang lebih banyak termasuk dari luar Ceko,” ujar Welly Tjondroatmoko, General Manager PT Gistex yang bergerak di bidang textil manufacture.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tekstil republik ceko pameran ri
Editor : Bambang Supriyanto

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top