Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini 10 Perguruan Tinggi Terbaik di Indonesia Versi Webometrics

Bisnis.com, MALANG--Institut Teknologi Bandung (ITB) menjadi perguruan tinggi terbaik di Indonesia versi Webometrics yang dirilis pada Juli 2013.
M. Sofi’I
M. Sofi’I - Bisnis.com 19 Agustus 2013  |  03:59 WIB

Bisnis.comMALANG--Institut Teknologi Bandung (ITB) menjadi perguruan tinggi terbaik di Indonesia versi Webometrics yang dirilis pada Juli 2013.

Universitas Gadjah Mada (UGM) berada di peringkat kedua, disusul oleh Universitas Indonesia (UI), Universitas Padjadjaran (Unpad), Universitas Gunadharma, dan Universitas Brawijaya (UB).

Sementara itu, Institut Pertanian Bogor (IPB) di peringka ketujuh, selanjutnya diikuti oleh Universitas Kristen Petra, Universitas Airlangga (Unair), dan Universitas Diponegoro (Undip).

Ketua Unit Pemeringkatan UB Malang Adharul Muttaqin mengatakan posisi UB turun satu strip dari sebelumnya, sementara Universitas Padjadjaran naik dari peringkat sembilan ke empat.

“Indikator parameter penilaian UB sebenarnya mengalami peningkatan. Utamanya pada dua komponen yakni aktivitas dan visibilitas, masing-masing dengan porsi penilaian 50%,” kata Adharul di Malang, Minggu (18/8/2013).

Namun sewaktu hasil pemeringkatan Webometric dirilis, ternyata UB justru mengalami penurunan peringkat. Ketika dianalisa lebih lanjut, terlihat bahwa meskipun parameter UB meningkat, tetapi pada saat yang sama perguruan tinggi lain juga memiliki indikator penilaian yang lebih baik.

Selain itu mereka konsisten meningkatkan parameter penilaian sehingga kesenjangan yang ada semakin terlihat. Kendati begitu, kesenjangan parameter penilaian dapat diperkecil bahkan bisa dilampaui selama upaya untuk itu semakin digiatkan.

“Di antara upaya yang dapat dilakukan adalah terus melakukan penambahan konten untuk situs-situs dalam domain Brawijaya secara berkala,” jelas dia.

Selain itu,  membangun konten yang bermutu agar mampu menarik minat situs diluar domain situs UB sehingga berkenan menyertakan link domain Brawijaya dalam situs mereka.

"Kami juga meningkatkan upaya publikasi dokumen ilmiah secara online baik melalui repository dalam domain UB, blog pribadi yang terdaftar dalam domain situs UB, maupun jurnal online."

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ui ugm itb perguruan tinggi undip ipb universitas brawijaya webometrics
Editor :
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top