Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini 10 Perguruan Tinggi Terbaik di Indonesia Versi Webometrics

Bisnis.com, MALANG--Institut Teknologi Bandung (ITB) menjadi perguruan tinggi terbaik di Indonesia versi Webometrics yang dirilis pada Juli 2013.

Bisnis.comMALANG--Institut Teknologi Bandung (ITB) menjadi perguruan tinggi terbaik di Indonesia versi Webometrics yang dirilis pada Juli 2013.

Universitas Gadjah Mada (UGM) berada di peringkat kedua, disusul oleh Universitas Indonesia (UI), Universitas Padjadjaran (Unpad), Universitas Gunadharma, dan Universitas Brawijaya (UB).

Sementara itu, Institut Pertanian Bogor (IPB) di peringka ketujuh, selanjutnya diikuti oleh Universitas Kristen Petra, Universitas Airlangga (Unair), dan Universitas Diponegoro (Undip).

Ketua Unit Pemeringkatan UB Malang Adharul Muttaqin mengatakan posisi UB turun satu strip dari sebelumnya, sementara Universitas Padjadjaran naik dari peringkat sembilan ke empat.

“Indikator parameter penilaian UB sebenarnya mengalami peningkatan. Utamanya pada dua komponen yakni aktivitas dan visibilitas, masing-masing dengan porsi penilaian 50%,” kata Adharul di Malang, Minggu (18/8/2013).

Namun sewaktu hasil pemeringkatan Webometric dirilis, ternyata UB justru mengalami penurunan peringkat. Ketika dianalisa lebih lanjut, terlihat bahwa meskipun parameter UB meningkat, tetapi pada saat yang sama perguruan tinggi lain juga memiliki indikator penilaian yang lebih baik.

Selain itu mereka konsisten meningkatkan parameter penilaian sehingga kesenjangan yang ada semakin terlihat. Kendati begitu, kesenjangan parameter penilaian dapat diperkecil bahkan bisa dilampaui selama upaya untuk itu semakin digiatkan.

“Di antara upaya yang dapat dilakukan adalah terus melakukan penambahan konten untuk situs-situs dalam domain Brawijaya secara berkala,” jelas dia.

Selain itu,  membangun konten yang bermutu agar mampu menarik minat situs diluar domain situs UB sehingga berkenan menyertakan link domain Brawijaya dalam situs mereka.

"Kami juga meningkatkan upaya publikasi dokumen ilmiah secara online baik melalui repository dalam domain UB, blog pribadi yang terdaftar dalam domain situs UB, maupun jurnal online."

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : M. Sofi’I
Editor :
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper