Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Waspadai Dua Pemicu Kemacetan Ini Saat Arus Balik

Bisnis.com, SURABAYA--Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono meminta masyarakat yang hendak balik ke tempat tinggal setelah libur Lebaran memperhatikan dua pemicu kemacetan. Menurutnya, ada potensi bauran pemudik dan orang berwisata pada arus
Miftahul Ulum
Miftahul Ulum - Bisnis.com 10 Agustus 2013  |  23:58 WIB

Bisnis.com, SURABAYA--Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono meminta masyarakat yang hendak balik ke tempat tinggal setelah libur Lebaran memperhatikan dua pemicu kemacetan. 

Menurutnya, ada potensi bauran pemudik dan orang berwisata pada arus balik pada Sabtu (10/8/2013) dan Minggu (11/8/2013). 

"Sabtu dan Minggu ada arus balik, sementara pada momen yang sama ada kebiasaan masyarakat berekreasi, jadi ada bauran potensi kemacetan," jelasnya di sela-sela meninjau arus balik di Stasiun Gubeng, Surabaya, Sabtu (10/8/2013). 

Dia menuturkan budaya berkunjung ke tempat wisata biasa dilakukan di daerah selatan Jawa. 

Berdasar evaluasi arus mudik, Bambang menilai kepadatan jalan berkurang dibandingkan dengan tahun lalu. Jalur utara yang tahun lalu kepadatan mencapai 6 kali lipat, pada tahun ini hanya tiga kali lipat. 

"Itu karena waktu mudik lebih panjang sehingga tidak menumpuk di satu hari, tetapi saat balik kemungkinan bertumpuk di Sabtu dan Minggu," jelasnya. 

Zakaria Manajer Humas PT Kereta Api Indonesia Daops 8 menuturkan penumpang kereta api di wilayahnya sekitar 600.000 orang. Jumlah itu terindikasi menurun karena pemberlakuan tiket duduk tanpa berdiri. 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kereta api wamenhub bambang susantono lebaran Arus Balik
Editor :
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

Foto

BisnisRegional

To top